Kuwu Desa Terusan H.Karyono (H.Jono) Pimpin Pengambilan Sampah di Bendungan Sungai Cimanuk.

Indramayu jarrakposjabar.com- Memasuki musim penghujan masyarakat diminta mewaspadai datangnya bencana banjir yang siap mengancam setiap saat. Hal ini bisa di akibatkan beberapa faktor yang jadi pemicu terjadinya banjir baik itu karena alam ataupun ulah manusia diantaranya: tingginya curah hujan yang turun disuatu daerah, belum tertatanya sistim drainase dengan baik, pendangkalan atau menyempitnya aliran sungai dan membuang sampaihsembarangan pada aliran drainase ataupun sungai.

Menyadari hal tersebut Pemerintah desa Terusan kecamatan Sindang Kabupaten Indramayu melakukan tindakan prefentif untuk mencegah terjadinya bahaya banjir yang di akibatkan mampetnya aliran sungai Cimanuk karena sampah yang menumpuk.

Dipimpin langsung oleh Kuwu desa Terusan H Karyono alias H.Jono Jum’at (02/11/22) jajaran aparat desa Terusan melakukan pengangkatan dan pembersihan sampah yang menutupi bendungan Bojong yang dilalui aliran sungai Cimanuk.

Menurut kuwu Terusan H Jono saat ditemui ” kegiatan ini sebagai wujud keprihatin aparat desa Terusan melihat kondisi bendungan bojong yang sebagian berada diwilayah desa Terusan kecamatan Sindang dan desa Bojongsari kecamatan Indramayu yang apabila musim hujan banyak sekali tumpukan sampah yang menggenangi di bendungan ini, sampahnya engga tahu berasal dari mana yang pasti sampah yang ada di bawa dari aliran sungai Cimanuk yang ada disebelah. Jenis sampahnya bermacam-macam ada batang pohon, pembungkus makanan dan lain-lain”tegasnya.

“Setelah sampah diangkat dari aliran Sungai yang menuju ke bendungan bojong kemudian diangkut dengan truk untuk dibuang. Sebanyak 3 truk sampah yang berhasil diangkut kemudian pada tengah-tengah aliran Sungai tersebut di pasang pagar dari bambu untuk mencegah sampah kembali masuk pada aliran bendungan bojong ini, mudah-mudahan hal ini dapat memperlancar air yang masuk ke bendungan bojong dan menghindari bahaya banjir kiriman yang sering menggenangi rumah-rumah disekitar bendungan karena meluapnya air dari sungai Cimanuk” tuturnya.


Banner Iklan Sariksa

Semoga hal ini bisa dijadikan perhatian dan pembelajaran yang serius bagi kita semua pentingnya merawat dan menjaga aliran sungai dengan tidak membuang sampah sembarangan di aliran sungai dan mendirikan bangunan di sepanjang bantaran sungai. Perlu ketegasan dari pengambil kebijakan dalam hal ini jangan malah memberikan kelonggaran pada oknum yang nakal dengan memperjual belikan perijinan atau membekingi masyarakat yang ingin mendirikan bangunan liar sepanjang bantaran.(Wahyu/megga)


Banner Iklan Sariksa   Banner Iklan Rafting Jarrak Travel

Banner Iklan Sariksa

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button