Wabup Cirebon Bunda Ayu Hadiri Haul Buyut Cabuk Di Desa Warukawung Kec. Depok.

 

 

CIREBON, Jarrakposjabar.com – Wakil Bupati Cirebon Hj. Wahyu Tjiptaningsih,SE, M.Si hadiri acara Haul Buyut Cabuk dan santunan anak yatim piatu. Acara bertempat di Masjid BAITUL KIROM Desa Warukawung Kec. Depok, Kab. Cirebon, Kamis, 12/05/22.

Selain di hadiri oleh Wakil Bupati, hadir pula sebagai penyelenggara acara Kuwu Desa Warukawung Agung beserta jajarannya, Camat Debok Sund Dewi , Kapolsek Depok, Baznas, Kuwu se-Kec. Depok dan tokoh Masyarakat lainnya.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Cirebon Hj. Ayu Tjiptaningsih yang akrab di sapa Bunda Ayu menyampaikan apresiasinya kepada para pemerkasa atas terselenggaranya Haul Buyut Cabuk yang di barengi dengan khitanan masal, dan santunan anak yatim piatu.

” Semoga kegiatan ini menjadi amal Sholeh, dan anak yang di khitan juga menjadi anak yang sholeh dan mrnjadi anak yang unggul, bisa menjadi generasi emas sebagai investasi di dunia dan di akhirat bagi kedua orang tuanya, dan kelak estafet kepemimpinan Kab. Cirebon akan beralih kepada mereka,”;tutur Bunda Ayu.


Banner Iklan Sariksa

Bunda Ayu sempat berpesan kepada kedua orang tua anak-anak, khususnya para ibu-ibu agar senantiasa mendidik anaknya ke jenjang pendidikan agama, dan pendidikan umum, sebab ibu-ibu adalah merupakan guru di rumah yang mendidik sejak awal, mengawasi, dan mengarahkan anak-anaknya dalam keseharian di luar sekolah.


Banner Iklan Sariksa

Menurut Bunda Ayu, saat ini adalah jaman digital, dimana anak-anak di tuntut untuk mengikuti jaman tersebut agar tidak tertinggal dalam segala hal, namun sebaiknya anak-anak jangan selalu dibiarkan bermain HP, mengingat sinar cahaya HP sangat tajam dan radiasinya kurang baik untuk mata seukuran anak-anak.

” Jangan karena asal anteng kemudian pengasuhannya diserahkan kepada HP, dan ini sangat tidak baik untuk kesehatan anak-anak. Apa lagi anak-anak yang sudah Sekolah Dasar (SD-red) yang sudah mahir main HP harus ada komitmen antara anak dan orang tua, agar apa yang setiap hari di lihat di HP tetap terkontrol,” tutur Bunda Ayu.

Dalam kesempatan tersebut Bunda Ayu menyampaikan harapannya kepada kader PKK, agar kader PKK bisa mengedukasi warga dalam mencegah dan mengurangi stunting di Kab. Cirebon, agar target 2024 Kab. Cirebon bisa bebas stunting, mengingat stunting di Kab. Cirebon masih sangat tinggi mencapai 20%, tutyr Bunda Ayu.

Lebih lanjut Ayu mengatakan, Momen acara Haul Buyut Cabuk yang di adakan rutin setiap tahun adalah bisa di jadikan momen silaturahmi antara pimpinan dan rakyatnya.

” Momen ini adalah momen silahturahmi antara saya Bu Camat, Kuwu dan warganya, karena dalam Hadist Nabi kita dianjurkan untuk selalu bersilaturahmi, karena dalam silaturahmi bisa memanjangkan umur, melancarkan rejeki,” ujarnya.

Selain bisa di jadikan ajang silaturahmi, haul  merupakan momen mengingatkan kita semua akan pentingnya mengikuti tauladan para tokoh leluhur kita yang memiliki jasa besar bagi masyarakat, khususnya Buyut Cabuk yang berjasa besar bagi masyarakat Desa Warukawung dan sekitarnya, karena beliau bagian dari tokoh yang turut andil besar dalam penyebaran agama Islam dan ilmu Pertanian yang hingga saat ini keyakinan tersebut kita yakini secara turun temurun, dan cara beliau bertani juga sampai saat ini masih di ikuti oleh masyarakat Desa Warukawung dan sekitarnya. (Hadi Supangat)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: