Peringatan HBI Ke-72, Kumham Jabar Beri Dukungan Keimigrasian Semakin Mandiri 

Kemenkumham Jawa Barat

DEPOK. JARRAKPOSJABAR.COMKantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Barat (Kanwil Kumham Jabar) turut berpartisipasi dalam upacara peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-72 yang dilaksanakan secara serentak oleh satuan kerja dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Keimigrasian di seluruh Indonesia secara hybrid virtual dan langsung. Kamis (27/01/2022).

Adapun kegiatan diselenggarakan di Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Depok berkesempatan menjadi tuan rumah penyelenggara upacara peringatan HBI ke-72 ini yang dihadiri secara langsung Kepala Kanwil Kumham Jabar Sudjonggo didampingi Kepala Divisi Keimigrasian Heru Tjondro, Kepala Divisi Pemasyarakatan Taufiqurrakhman, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Heriyanto dan Plt. Kepala Divisi Administrasi Eva Gantini disambut Kepala Kanim Depok Fahrul Novry Azman.

BACA JUGA: Kakanwil Sudjonggo Tinjau Langsung Proses Pemeriksaan Dupak PK Bapas 

Peringatan HBI ke-72 juga dihadiri jajaran pejabat struktural, administrator dan pengawas Kanim Depok beserta jajaran Unit Pelaksana Teknis (UPT) regional Bogor Raya , Karutan Kelas I Depok Andi Gunawan, Kalapas Khusus Kelas IIB Sentul Irwan Silais, Kakanim Kelas I Non TPI Bogor Hengki Irawan, Kabapas Kelas II Bogor Teolina Saragih, Kalapas Khusus Kelas IIA Gunung Sindur Mujiarto, Kalapas Kelas IIA Bogor Yohanes Waskito, dan Kalapas Kelas IIA Cibinong Usman.

Selain itu, Rangkaian giat dilaksanakan serentak yang disiarkan langsung dari Graha Pengayoman Gedung Kementerian Hukum dan HAM RI melalui aplikasi virtual conference dengan mengusung tema “Bangkitnya Pelayanan Revitalisasi Penegakan Hukum dan Keamanan Untuk Negeri”, peringatan HBI ke-72 berupaya menjadikan jajaran Imigrasi semakin berdaulat, mandiri dan berkepribadian.

BACA JUGA: Kakanwil Didampingi PIMTI Beraudiensi Dengan BPBD Jabar, Ternyata Ini Yang Dibahas


Banner Iklan Sariksa

Selanjutnya, yang bertindak sebagai Inspektur upacara dipimpin langsung Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H. Laoly memimpin upacara sekaligus menyampaikan amanat. Dalam amanatnya, Yasonna menerangkan bahwasanya pada usia 72 tahun Direktorat Jenderal Imigrasi ini, mencerminkan tingkat kematangan baik berorganisasi maupun berkinerja. Dalam usia ini tidak boleh ada kesalahan dalam mengambil kebijakan dan keputusan sebagai upaya semangat mengimplementasikan tata nilai PASTI.


Banner Iklan Sariksa
Kanwil Kumham Jabar turut berpartisipasi dalam upacara peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-72 yang dilaksanakan secara serentak oleh satuan kerja UPT Keimigrasian di seluruh Indonesia secara hybrid virtual dan langsung (Dok/Humas Kanwil Jabar)

Lebih lanjut, amanat Menteri kepada jajaran Keimigrasian seluruh Indonesa berpesan agar kita harus tetap sehat supaya dapat berkinerja secara produktif. Imigrasi harus mengambil peran dalam program percepatan penganggulangan dan pencegahan Covid-19, jangan sampai ada kesalahan karena dapat menurunkan kepercayaan publik.

Jajaran imigrasi harus disiplin, taat azas, melayani masyarakat dengan lebih baik lagi, kerja tanpa pamrih, optimal dan bersemangat. Perbaiki regulasi, tindakan, standar, tata kelola dan kompetensi sumber daya di Imigrasi. Yasonna berpesan kepada jajaran Imigrasi untuk segera melaksanakan prioritas nasional, perjanjian kinerja dan target kinerja supaya mampu membawa Imigrasi Kemenkumham semakin PASTI.

BACA JUGA: Jelang HBI Ke-72, Kakanwil Sudjonggo Mengikuti Kegiatan Fun Bike Dikebun Raya Bogor

“Ucapan terima kasih kepada jajaran Imigrasi di seluruh Indonesia atas dedikasinya dalam menjalankan tugas dan amanah yang baik dengan menjalin kerjasama dan membangun sinergi antar instansi sehingga mendukung terciptanya kondisi yang keamanan dan ketertiban di NKRI. Buktikan bahwa jajaran imigrasi mampu menjaga pintu gerbang yang berwibawa sesuai semboyannya, Bumi Pura Wira Wibawa”, kata Yasonna dalam amanatnya.

Usai pelaksanaan upacara, kegiatan dilanjutkan dengan rangkaian syukuran peringatan HBI ke-72 mulai dari penampilan hiburan tarian bertema Nusantara berikut prosesi pemotongan tumpeng dan giat syukuran juga diikuti Kanwil Kumham Jabar selepas upacara peringatan dengan prosesi pemotongan tumpeng dilakukan oleh Kadiv Keimigrasian Heru Tjondro diserahkan kepada Kakanim Depok Fahrul Novry Azam.

“Ini sebagai simbol atas rasa syukur jajaran Kemigrasian Kanwil Kumham Jabar dalam memperingati HBI-72,” kata Kadiv Keimigrasian Heru Tjondro.

Menurut Heru, kegiatan ini harus di apresiasi atas prestasi yang diraih Kanim Depok yang berhasil membangun Zona Integritas dengan meraih satuan kerja Wilayah Bebas Korupsi (WBK) pada tahun 2021 serta prestasi Kanim Depok yang berhasil meningkatkan kelas pelayanan yang semula Kantor Imigrasi Kelas II menjadi Kantor Imigrasi Kelas I.

“Semoga jerih payah kinerja jajaran Kanim Depok bisa dipertahankan terlebih dapat ditingkatkan dalam upaya meraih satuan kerja Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM),” ucapnya.

BACA JUGA: Resmi Melantik 34 Anggota MPD Notaris Wilayah Jabar, Begini Pesan Kakanwil

Dalam kegiatan ini turut juga diserahkan secara simbolis oleh Kepala Kantor Wilayah berupa Piagam Penghargaan yang diraih oleh Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jabar dan diraih oleh Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Depok.

Hal itu sesuai dengan surat keputusan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor: M.HH.-01.UM.06.01 Tahun 2022 tentang Penerima Piagam Penghargaan Pada Hari Bakti Imigrasi Ke-72 Tahun 2022. Peringatan HBI-72 mendorong jajaran Keimigrasian menciptakan atmosfer untuk menjadikan teladan dan pelopor bagi kebaikan organisasi. Jayalah Imigrasi, Jayalah Kementerian Hukum dan HAM.

Editor: Deni Supriatna
Sumber: Humas Kanwil Jabar

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: