Ana Rohdiana MPd, Guru SMPN Unggulan Indramayu dengan “Segudang Prestasi tapi Miskin Apresiasi”

Indramayu.Jarrakposjabar.com. Banyak hal yang dapat dilakukan oleh manusia agar dapat berguna bagi sesama, namun tidak semua manusia yang dapat memanfaatkan waktu dan kesempatan untuk membuat hidup ini lebih berarti dan dapat membantu sesama manusia.

Adalah Ana Rohdiana seorang guru bahasa Inggris yang mengajar di SMP N Unggulan Indramayu yang mempunyai kemauan dan pemikiran yang luar biasa di bandingkan dengan rekan rekan guru yang lainnya.

Dengan segala pengorbanan dan kerja kerasnya yang sangat luar biasa sehingga karyanya bisa di nikmati atau digunakan dalam proses pembelajaran tanpa harus mengeluarkan Kuota (Offline) dalam pelajaran Bahasa Inggris dengan nama Sibelmi (Solusi Pembelajaran Bahasa Inggris Di masa Pandemi) . Ketika ditemui di SMPN Unggulan Indramayu Ana Rohdiana mengatakan ” Apa yang dilakukannya semata mata adalah wujud dedikasi dan kecintaannya sebagai seorang pendidik serta hal ini di lakukan khususnya dalam menciptakan Aplikasi Sibelmi dikarena rasa keprihatinan kepada kenyataan yang ada bila melihat, mendengar setiap siswa mengalami kesulitan dalam proses belajar secara Virtual atau daring karena keterbatasan sinyal dan harus memberi kouta setiap saat bila ingin mengikuti pembelajaran, oleh karena itu dirinya membuat Aplikasi SIbelmi dan mengunggahnya di geogle Playstore cukup hanya sekali dan tidak memakai kouta”.

Menyinggung berapa biaya yang dikeluarkan untuk membuat Aplikasi dan mendaftarkan pada akun geogle Ana Rohdiana hanya tersenyum dengan satu kali jawaban hanya tuhan dan suami saja yang mengetahuinya, yang penting bisa bermanfaat bagi orang lain.

Ketika ditanya siapa yang selalu memberikan motifasi dan harapannya sebagai seorang pendidik? Ana menjawab orang yang selalu memberikan motifasi adalah suami dan anaknya.


Banner Iklan Sariksa

“Sedangkan harapannya adalah agar para guru selalu membuat inovasi dalam pembelajaran disekolah dengan penuh semangat dan keyakinan tanpa memandang finansial apa yang akan diperolehnya, ” tegasnya.


Banner Iklan Sariksa

Prestasi yg pernah diraih :

1. Juara 1 Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2019 yg diselenggarakan oleh Kemdikbud RI .

2. Juara 1 PNS Berprestasi Tingkat Provinsi Jawa Barat Kategori Pejabat Fungsional Inovatif Kab/Kota Tahun 2020.

3. Penerima Penghargaan Guru Inspiratif Tingkat Nasional Tahun 2021.

4. Guru Berprestasi SMP Tingkat Kab Indramayu Tahun 2019.

5. TOP 10 Finalis Sayembara Video Pembelajaran Tingkat Nasional 2021

Prestasi terakhir di tingkat Internasional pada bulan Oktober 2021 *Pemenang pada British Council Video Competition* yang diikuti lebih dari oleh 30 negara.

Video dipresentasikan pada COP 24 / Konferensi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa di Glasgow United Kingdom.

Pengalaman sebagai narasumber :

1. Pembicara tingkat Internasional pada Annual Internasional Symposium of Foreign Language Learning AISOFOLL 2021, 6-7 Oktober 2021.

2. Pembicara pada SEAMEO Pre Lecture Series-Asia Tenggara 2021.

3. Pembicara Tingkat Nasional pada Webinar Series Pembelajaran Jarak Jauh, diselenggarakan oleh Kemdikbud RI Tahun 2020.

4. Pembicara pada Peringatan Hari Guru Sedunia, World Teachers Day Oktober 2019.

Menulis sejumlah buku ber ISBN diantaranya :
-Joyful Learning
-Visual Literacy in Language Learning.
-The Secret Stories about You.
-The Adventure of Samudera

Mengukur IPM masyarakat tidak bisa dilepaskan dari proses belajar mengajar dan perhatian pemerintah baik Pusat maupun daerah di dalam prosesnya, Berikan ruang dan waktu buat para guru ataupun ASN untuk bisa bekerja dengan berdidikasi yang tinggi tanpa harus merasa tertekan.

Berikan mereka perhatian dan Reward bagi mereka yang telah menunjukkan prestasi yang luar biasa ini tanpa harus berbentuk jabatan dan materi tetapi tempatkan seseorang sebagai mana mestinya.

 

 

 

Sumber : Jarrakpos Official
Laporan : Wahyu Jarrak Pos Indramayu

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: