Angka Taat Retribusi Kecil, Komisi B Desak DPMPTSP Menindak Tegas Para Pelanggar

DPRD Kota Bandung

BANDUNG, JARRAKPOSJABAR.COM- Komisi B DPRD melaksanakan rapat kerja bersama Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) membahas Target dan Rencana Target Realisasi Belanja serta Pendapatan T.A. 2021, juga Rencana Target Realisasi Belanja dan Pendapatan T.A. 2022, di Ruang Rapat Komisi B, Kamis (13/1/2022).

Rapat dibuka oleh Ketua Komisi B H. Hasan Faozi, S.Pd., diikuti Wakil Ketua Komisi B, H. Wawan Moh. Usman, SP., dan Anggota Komisi B H. Agus Salim, Hj. Siti Nurjanah, S. S., Christian Julianto Budiman, drg. Maya Himawati, Sp. Orto., H. Ir. Agus Gunawan, dan Dudy Himawan, SH.

BACA JUGA: Bapemperda DPRD Kota Bandung Terima Keluhan Dari Forum RW Babakan Ciparay Terkait PIPPK

Dalam rapat tersebut disampaikan realisasi atas target program yang dicapai DPMPTSP pada tahun 2021 mencapai 100 persen. Sedangkan pencapaian target pendapatan tahun 2021 terserap cuma 28,91 persen. Selanjutnya target tahun 2022 untuk pendapatan menurun 50 persen yang sebelumnya Rp43 miliar menjadi Rp19,5 miliar.

Ketua Komisi B Faozi mempertanyakan mengenai upaya DPMPTSP dalam mengantisipasi kendala-kendala yang ditemui pada tahun 2021 agar bisa diselesaikan di tahun berikutnya.

BACA JUGA: Retribusi Parkir Diganggu Premanisme, Komisi C Desak Dishub Derek Parkir Liar Secara Gencar

“Kendala-kendala yang teman-teman dapatkan di tahun 2021 bagaimana menanggulanginya agar tidak terulang lagi dalam pencapaian target di tahun 2022. Hal ini agar pelayanan kita kepada masyarakat Bandung bisa maksimal,” ujarnya

Sedangkan Anggota Komis B Siti Nurjanah dan Agus Salim meminta proses pelayanan perizinan di Kantor DPMPTSP harus bisa ditingkatkan lagi. Jangan sampai publik mengalami proses pelayanan yang ribet dan memakan waktu lama.

Selain itu, angka taat retribusi juga sangat kecil. Seharusnya DPMPTSP menindak tegas para pelanggar aturan perizinan dengan memberikan sanksi, baik itu teguran atau bahkan penyegelan tempat usaha terkait.

BACA JUGA: DPRD Dukung Penuh Pergantian Status RSKIA Menjadi RSUD Bandung Kiwari Usai Diresmikan Plt Walikota Bandung

Sementara Anggota Komisi B Maya Himawati mendukung DPMPTSP untuk optimistis mendongkrak kualitas pelayanan perizinan di DPMPTSP, sehingga bisa lebih baik dari tahun sebelumnya.

“Kita optimistis dan mendukung penuh supaya pelayanan di DPMPTSP bisa lebih baik lagi dibanding tahun lalu, sehingga masyarakat juga nyaman untuk mengurus perizinan dan tentunya akan berdampak kepada meningkatnya taat retribusi,” tutur Maya.* (Nuzon)

Editor: Deni Supriatna
Sumber: Humas DPRD Kota Bandung

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: