Hari ini Pemeriksaan Habib Bahar Bin Smith Di Polda Jabar Terkait Kasus Dugaan Ujaran Kebencian

BANDUNG, Jarrakposjabar.comHabib Bahar Bin Smith hari ini akan memenuhi panggilan ke Polisi Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) terkait kasus dugaan ujaran kebencian dalam ceramah di yang mengandung unsur suku, agama, ras dan antargolongan (SARA). Senin 3 Januari 2022.

Diketahui, total berjumlah 50 saksi yang sudah dilakukan pemeriksaan dan 6 barang bukti sudah diamankan.

BACA JUGA: Total Ada 50 Saksi Dan 6 Barang Bukti, Polda Jabar Segera Panggil Habib Bahar Bin Smith Senin Depan

Adapun, penyidikan dibagi dalam dua klaster tempat kejadian perkara (TKP), yaitu klaster Bandung sebagai TKP awal tempat Bahar bin Smith ceramah yang diduga berisi ujaran kebencian sebanyak 15 orang saksi dan klaster Garut menjadi 10 saksi.

Kemudian saksi pelapor yang diperiksa sebanyak 4 orang dan saksi ahli sebanyak 21 orang. Untuk barang bukti tambahan yang disita yakni satu buah handphone pada klaster TKP Garut dan satu buah flashdisk pada klaster Bandung.

BACA JUGA: BREAKING NEWS. Polda Jabar Naikan Kasus Dugaan Ujaran Kebencian Bahar bin Smith Kepenyidikan

Sebelumnya, Polda Jawa Barat sudah meningkatkan kasus yang menjerat Habib Bahar bin Smith menjadi penyidikan. Kasus yang menjerat Habib Bahar terkait dugaan ujaran kebencian yang mengandung unsur suku, agama, ras dan antargolongan (SARA).

“Penyidik Polda Jawa Barat sudah meningkatkan proses hukum yang menjerat BS menjadi penyidikan,” ujar Suntana dalam keterangan persnya, Rabu, 29 Desember 2021.

BACA JUGA: Pria Diduga Bahar Smith Terlihat Bersantai Dalam Yacuzzi Dilayani Layaknya Sang Pangeran, Husin Alwi: Ngaku Habib Kelakukan Firaun

Dalam kasus ini, Bahar bin Smith dijerat dugaan tindak pidana menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian dan atau permusuhan individu dan atau kelompok berdasarkan SARA sebagaimana yang dimaksud dalam Pasal 28 ayat (2) Jo Pasal 45A ayat (2) UU RI Nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan atau Pasal 14 dan Pasal 15 UU RI nomor 1 tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana.

Editor: Deni Supriatna

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: