Pemkab Cirebon Gelar Gebyar Vaksinasi untuk Anak di SDN 1 Kebarepan Plumbon

CIREBON.Jarrakposjabar.com. Pemerintah Kabupaten Cirebon menggelar Gebyar Vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun di SDN 1 Kebarepan Kecamatan Plumbon, Sabtu (25/12/2021).

Acara tersebut dihadiri Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih, SE, M.Si, Sekda, Drs. H. Rahmat Sutrisno, M.Si, Pihak Polresta Cirebon, Perwakilan dari Polda Jabar, Kepala DPPKBP3A, Hj. Eni Suhaeni, SKM, M.Kes, Kadisdik, Deni Supdiana dan Plt. Kadinkes, dr. Bambang Sumardi dan pihak Kecamatan Plumbon.

Wabup Ayu sapaan akrabnya mengatakan, kegiatan vaksinasi untuk anak 6-11 tahun ini pertama digelar di wilayah Kabupaten Cirebon. Sebab, Kabupaten Cirebon sudah masuk level 1 PPKM Jawa-Bali.

“Untuk dosis pertama capaian vaksinasi untuk umum sudah 74 persen, begitupun lansia hampir 90 persen, sehingga kita bisa melakukan vaksinasi untuk anak 6-11 tahun,” katanya.

Ayu mengungkapkan, butuh peran serta orang tua dan guru dalam pelaksanaan vaksinasi untuk anak 6-11 tahun ini. Sebab, merekalah yang bisa memberikan edukasi kepada anak-anak supaya mau untuk divaksin.

“Hari ini target vaksinasi untuk anak 6-11 tahun 230 anak. Sehingga dibutuhkan peran semua pihak agar capaian vaksinasi hari ini tercapai,” ujarnya.

Ia menjelaskan, ke depan vaksinasi untuk anak akan dilakukan setelah mereka masuk sekolah. Sebab, sekarang sudah memasuki masa libur sekolah, sehingga sedikit kesulitan untuk melakukan vaksinasi.

“Nanti kita akan lanjutkan setelah anak sekolah masuk tanggal 10 Januari 2021, sehingga capaian vaksinasi untuk anak bisa maksimal. Karena Target Pemerintah Kabupaten Cirebon 207. 852 usia 6-11 tahun sudah tervaksin,” katanya.

Terkait Pembelajaran Tatap Muka (PTM), kata Ayu, pihaknya akan menyesuaikan serta menunggu rujukan dari Pemerintah Pusat.

“Mudah- mudahan bisa full PTM di Kabupaten Cirebon kalau anak-anak sudah divaksinasi. Kalau lewat online banyak sekali kendalanya, mulai dari sinyal tidak bagus dan pembelajaran tidak maksimal,” katanya.

Sementara itu, Plt. Kadinkes Kabupaten Cirebon, dr. Bambang Sumardi mengatakan, berdasarkan aturan dari Kementerian Kesehatan bahwa vaksinasi untuk anak 6-11 tahun dapat dilaksanakan kalau cakupan vaksinasi di daerah mencapai 70 persen dosis pertama dan lansia sudah 60 peren.

“Alhamdullilah berbagai upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Cirebon dibantu jajaran TNI-Polri sehingga capaian vaksinasi telah mencapai 74 persen, dan lansia sudah 90 persen lebih,” katanya.

Bambang menjelaskan, banyak kendala yang dihadapi dalam capaian vaksinasi di Kabupaten Cirebon. Akan tetapi berkat kerjasama berbagai pihak semuanya berjalan dengan lancar.

“Pemerintah Kabupaten Cirebon bersama TNI-POLRI terus melakukan pendekatan sosial kepada masyarakat agar mereka mau divaksin,” ucapnya.

 

 

 

Sumber : Jarrakpos Official
Editor : Kurnia
Laporan : Hadi Supangat

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: