Sosialisasi Penjaminan Mutu Pendidikan LPMP Jawa Barat 2021.

Indramayu.Jarrakposjabar.com. Mutu penyenggaraan pendidikan bukan semata mata kewajiban pemerintah semata tetapi tanggungjawab kita semua yaitu: Orang tua, Sekolah (pemerintah) dan Swasta.

Mutu pendidikan merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan kecerdasan suatu bangsa karena majunya peradaban suatu banggsa di ukur dari mutu pendidikan yang di hasilkan oleh bangsa itu sendiri.

Bertempat di SMP N 1I Indramayu Kamis 23 Desember 2021 diadakan Sosialisasi Penjaminan Mutu Pendidikan LPMP Jawa Barat yang di hadiri oleh Kabid SMP H.Supardo Spd MPd, kasie Kurikulum Dr. Pendi Susanto SPd, Sugeng Budi Setiyono, Widiyaprada Ahli Muda dari LPMP Jawa Barat, pengawas Sekolah SD, SMP dan Para Kepala Sekolah .

Dalam sambutannya Kabid SMP H.Supardo MPd mengatakan,” bahwa mutu pendidikan di Indonesia masih kalah dengan negara lain hal ini ditunjang oleh kurangnya kesadaran masyarakat dalam kesadaran berdisiplin dan membaca buku selain itu bila kita bicara IPM yang masih rendah karena daya dukung pemerintah dalam penyedian anggaran masih sangat rendah masih jauh di atas kebutuhan ideal, hasil yang kita usaha baru akan bisa di nikmati 5 sampai 10 tahun yang akan datang bukan untuk saat ini, mari kita memberikan warna pada dunia pendidikan di Indramayu ini lebih baik lagi,” tegasnya.

Sementara itu menurut penyaji dari LPMP Jawa Barat Sugeng Budi Setiyono saat ditemui disela sela acara mengatakan,” sosialisasikan sebuah sistim penjaminan mutu diera sekarang sudah wajib harus dilakukan hal ini dengan tujuan kita didunia pendidikan, kita harus siap bersaing dengan lembaga penyenggara pendidikan dari negara lain.

Oleh karena itu diharapkan kita tidak elergi terhadap perubahan dan perkembangan zaman, baik itu didalam pendidikan, pengawas termasuk gimana kita harus melakukan mekanisme perubahan yang tepat agar mutu pendidikan atau output yang dihasilkan dari tahun ke tahun mengalami peningkatan sehingga mutu sekolah sendiri juga mau tidak mau semua sekolah harus mengalami peningkatan dalam memberikan mutu pendidikan yang ada.

Dengan menggunakan anggaran dari LPMP Jawa Barat untuk tahun ini kedepan makin banyak lagi personal yang terlibat jelas ini akan berdampak pada anggaran yang di butuhkan.

Semoga ditahun tahun yang akan datang semakin banyak sekolah sekolah yang ada di Indramayu yang mengalami peningkatan mutu kita bicara bukan lagi berkutak pada jumlah ( kwantitas) murid saja tetapi sudah menginjak pada peningkatan mutu (Kwalitas) murid dan sekolah yang dihasilkan,” tuturnya.

Memang bangsa Indonesia sekarang ini sudah tertinggal jauh mutu pendidikannya di kawasan Asia Tenggara oleh sebab itu sudah sepantas nyalah kita merubah paradigma pendidikan dari pencapaian jumlah kelulusan menjadi mutu kelulusan yang di hasilkan oleh pendidikan di Indramayu pada khususnya.

 

 

 

Sumber : Jarrakpos Official
Laporan : Wahyu Jarrak Pos

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: