Gebrakan Kabid SMP Disdik Indramayu”Sosialisasi Perpustakaan Digital”.

Indramayu.Jarrakposjabar.com. Dalam rangka menyongsong era Informasi dan teknologi yang berkembang dengan begitu pesat, kita bangsa Indonesia mau tidak mau harus dapat menyelaraskan dengan kenyataan yang ada agar bangsa ini tidak terjebak dalam kegagalan penguasaan informasi dan teknologi digital.

Peran informasi dan teknologi digital telah merambah keseluruh sendi kehidupan manusia, mulai dari ekonomi, kesehatan, pertahanan bahkan intelegen sekalipun memakai teknologi digital ini demi mengamankan negara dari gangguan atau rongrongan negara ataupun kelompok yang tidak bertanggungjawab.

Guru merupakan garda terdepan dalam mencerdaskan dan mendidik generasi bangsa agar menciptakan generasi Emas yang dapat membawa peradaban bangsa ini sejajar ataupun lebih baik dari bangsa bangsa lainnya.

Bertempat di Aula SMP N Unggulan Jl.raya Sindang Kabupaten Indramayu Kamis (02/12/21) Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu dalam hal Ini Kepala Bidang (Kabid) SMP mengadakan “Sosialisasi Perpustakaan digital” yang di ikuti oleh seluruh kepala sekolah SMP dan Pustakawan sekolah se Indramayu. Turut hadir dalam kegiatan Sosialisasi Perpustakaan digital tersebut Kepala bidang SMP H.Supardo MPd, kasie Kurikulum SMP Dr. Pendi Susanto Spd, Kepala Sekolah SMP N Unggulan Drs Sutrisna dan para undangan Kepala sekolah SMP dan Pustakawan SMP se Indramayu.

Dalam sambutannya Kabid SMP Disdik Indramayu H. Supardo MSi mengatakan,” peran guru sebagai pengajar dan pendidik harus mampu memberikan transfer teknologi dan ilmu pengetahuan yang berkembang dengan pesat saat ini, dengan berkembangnya teknologi digital kita sebagai pendidik harus dapat berperan aktif dan ikut terlibat dalam penguasaan teknologi digital.

Bila seorang guru dalam memberikan mata pelajarannya kepada siswa dengan cara mencatat setiap mata pelajaran yang diberikan itu sama halnya kita menanamkan kemunduran bangsa ini 20 tahun kebelakang jadi guru dalam mengajarnya harus dapat melibatkan aspek teknologi yang ada pada saat ini.

Apalagi dimasa era digital guru harus sering sering membaca referensi buku setiap hari 1 buku, ya kalau tidak mampu membeli cukup kita pake aplikasi yang ada di hp saja, carilah kontek bacaaan yang berkaitan dengan materi pembelajaran yang kita akan berikan.

“Oleh karena itu saya menyambut baik dan mendukung adanya sosialisasi Perpustakaan digital ini dan semoga para guru dan kepala sekolah dapat memanfaatkan sosialisasi ini dengan sebaik baiknya demi menciptakan generasi emas bangsa ini mendatang yang lebih unggulan dan mempunyai kepribadian yang luhur dan selaras dengan visi misi Indramayu Bermartabat,” tegasnya.

Sementara itu Kasie Kurikulum SMP Dr.Pendi Susanto SPd yang juga pembicara dalam Sosialisasi Perpustakaan digital mengatakan,” guru dan pustakawan sekolah harus mampu menguasai program Perpustakaan digital ini karena di harapkan para guru dapat berperan aktif membimbing para muridnya untuk mencari bahan pembelajaran secara digital ya dengan media yang ada seperti smartphone ataupun laptop saja, karena sebagai mana kita tahu minat baca masyarakat khususnya di Indramayu baru sekitar 17,6% saja sedangkan kalau kita mau maju kunci utamanya adalah membaca. Semoga dengan adanya sosialisasi perpustakaan digital ini guru khususnya mulai mau tumbuh genar membaca sehingga pada akhirnya minat baca ini dapat ditularkan kepada murid murid yang ada tanpa harus membawa buku dunia itu dalam genggaman kita melalui Snartphone ataupun laptop yang rata rata semua punya. Kalau itu bisa ditumbuhkan perlahan lahan dapan merubah kebiasaan anak akan kecanduan game yang marak terjadi seperti sekarang ini. Program perpustakaan digital ini selaras dengan pengembangan kurikulum pendidikan saat ini dan hal ini patut kita kembangkan,”paparnya.

Salah seorang peserta yang juga Kepala Sekolah Dian mengatakan,”bahwa dirinya sangat senang mengikuti kegiatan ini karena dapat menambah motifasi untuk berbuat lebih baik lagi kedepan dalam rangka menatata sekolah menuju era informasi digital dan semoga kegiatan ini bukan sampai di sini saja tetapi terus diadakan berkesinambungan agar program yang ada tersusun rapih dan menyeluruh,”tuturnya.

Memang kita harus siap menyongsong era informasi digital yang serba berjalan cepat, jangan sampai kita hanya menjadi pengguna saja tanpa bisa berbuat menciptakan sesuatu yang lebih baik bagi perkembangan pendidikan kita, dan perlu di ingat bahwa setiap perintah yang datangnya dari atasan pasti akan di jabarkan kebawah, maju mundurnya pendidikan bukan terletak dari faktor guru semata tetapi bagaimana prasana dan sarana pendukungnya baik teknis maupun non teknis, sejatinya guru juga manusia yang butuh materi namun jangan hanya mengejar materi semata(gaji, Sertifikasi dan tunjangan semata) tetapi hakekat dan fungsi seorang guru dilupakan begitu saja karena berbagai kepentingan!!.

 

 

 

Sumber : Jarrakpos Official
Laporan : Wahyu Jarrak Pos.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: