BeritaKesehatanKota Bandung

RSKIA Kota Bandung Adakan Gebyar Vaksinasi Bagi Remaja dan Ibu Hamil, Mau Di Vaksin ? Ini Cara Daftarnya

BANDUNG, Jarrakposjabar.com Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak (RSKIA) Kota Bandung kembali adakan Gebyar Vaksinasi bagi ibu hamil dan remaja tahap satu dengan target 200 orang. 

Dalam kegiatan vaksinasi tersebut, peserta yang antusias menunggu giliran vaksinasi dengan suasana nyaman yang diberikan oleh para panitia RSKIA dengan patuh prokes.

Vaksinator RSKIA Kota Bandung Dokter Ira Hastuti menjelaskan, program Gebyar vaksinasi ini dikhususkan untuk usia remaja dan ibu hamil.

BACA JUGA: RSKIA Kota Bandung Berikan Edukasi, Berikut 6 Langkah Agar Terbebas Dari Kuman Bakteri Dan Virus

“Untuk saat ini ibu hamil ada 100 peserta dan remaja usia 12-17 tahun 100 peserta,” ujar Ira pada Senin, 25 Oktober 2021.

Menurut Ira, kegiatan vaksinasi covid-19 ini agenda rutin RSKIA sejak awal Januari 2021. Adapun jadwal vaksinasi diadakan setiap hari Selasa sampai Jum’at.

BACA JUGA: Legal Expo Peringati HDKD 2021, Kemenkumham Siap Wujudkan Pelayanan Kelas Dunia Semakin Pasti

“Gebyar vaksinasi ini sudah 2 kali sebetulnya, yang pertama kemarin khusus untuk ibu hamil saja. Kalau hari ini digabungin untuk remaja juga,” jelasnya.

Ira berharap, dengan diadakan Gebyar vaksinasi ini agar cakupan vaksinasi covid-19 bagi ibu hamil dan remaja bisa berjalan baik.

“Angka kesakitan bagi ibu hamil itu kan cukup tinggi ya dan apabila Ibu hamil menderita Covid-19 maka efeknya bisa serius. Kita berusaha mencegah hal tersebut dengan memfasilitasi vaksinasi khususnya bagi ibu hamil,” papar Ira.

BACA JUGA: BREAKING NEWS. Tanggal 26 Oktober nanti, Sukmawati Jalani Sudhi Wadani Dan Sah Beragama Hindu

Guna meningkatkan cakupan vaksinasi lebih baik, lanjut Ira, gebyar vaksinasi tidak hanya untuk ibu hamil saja, menurutnya, saat ini para remaja hadir sebanyak 100 orang guna mengikuti kegiatan gebyar vaksinasi.

“Saat ini sudah masuk momentum pembelajaran tatap muka (PTM) menjadi alasan remaja bisa ikut serta dalam Gebyar Vaksinasi ini serta bisa mempercepat pembentukan Herd Immunity di Kota Bandung,” katanya.

Sementara itu, di sela-sela kegiatan vaksinasi, Tim Pencegah dan Pengendali Infeksi Rumah Sakit Khusus Ibu Dan Anak (RSKIA) Kota Bandung selalu memberikan edukasi cara mencuci tangan dengan benar.

Edukasi tersebut bisa menjadi peran penting, Dalam pencegahan kuman dan virus dimasa pandemi Covid-19, dikarenakan tangan merupakan bagian tubuh yang menjadi media perpindahan virus, kuman, dan bakteri penyebab penyakit, karena hampir seluruh kasus penyakit menular ditularkan melalui sentuhan tangan.

BACA JUGA: HEBOH!!! Deklarasi Farhat Abas Jadi Calon Presiden 2024, Netizen: Cocok Nih Duet Sama Giring

Syarat Pendaftaran Vaksinasi RSKIA Kota Bandung 

Pendaftaran dapat melalui aplikasi Whatsapp dengan ketik “Daftar Vaksin” melalui nomor 0812 2195 8422.

Dengan ketentuan jam pendaftaran:

Senin-Jumat : 08.00 – 20.00 WIB
Sabtu: 08.00 – 16.00 WIB
Minggu/Hari Libur: 10.00 – 16.00 WIB
Catatan: Petugas akan merespon sesuai urutan pesan yang masuk serta tidak menerima pendaftaran melalui telepon dan secara offline.

Persyaratan Ibu Hamil:

Usia kehamilan > 13 Minggu
Hamil dalam kondisi sehat
Membawa KTP, Buku KIA / Catatan kehamilan
Catatan: Sarapan sebelum vaksinasi, Cukup istirahat h-1, Hindari Konsumsi kafein dan anti nyeri dalam waktu 1×24 jam sebelum vaksin.

Usia 12-17 Tahun

Membawa Fotocopy Kartu Keluarga (KK)
Wajib didampingi oleh salah satu orang tua saat vaksinasi
Catatan: Sarapan sebelum vaksinasi, Cukup istirahat h-1, Hindari Konsumsi kafein dan anti nyeri dalam waktu 1×24 jam sebelum vaksin.

Editor: Deni Supriatna

Deni

Kontributor Jarrak Pos Kota Bandung

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: