Legal Expo Peringati HDKD 2021, Kemenkumham Siap Wujudkan Pelayanan Kelas Dunia Semakin Pasti

Kanwil Kemenkumham Jabar

BANDUNG, Jarrakposjabar.comGelaran Legal Expo telah menjadi agenda rutin dalam beberapa tahun terakhir menjelang peringatan Hari Dharma Karya Dhika. Legal Expo dimaksudkan untuk lebih mendekatkan diri Kementerian Hukum dan HAM dengan masyarakat, dimana dalam hal ini masyarakat merupakan Pengguna Layanan pada, Senin, 25 Oktober 2021.

Legal Expo dalam rangka Peringatan Hari Dharma Karya Dhika Tahun 2021 ini diselenggarakan di Halaman Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat Jl. Jakarta No. 27 Bandung dan akan berlangsung selama 2 hari kedepan mulai tanggal 25-26 Oktober 2021.

BACA JUGA: Kegiatan Rutin Kumham Jabar Atasi Sulit Konsentrasi Dan Mudah Lupa Setelah Terinfeksi Covid-19, Berikut 5 Cara Yang Harus Dilakukan

BACA JUGA: Didampingi Bupati Karawang, Kakanwil Sudjonggo Tanda Tangani Peresmian Ponpes Nurul Iman Di LP Karawang

Pameran Layanan Publik (Legal Expo) serentak dilaksanakan di seluruh Unit Pusat dan 33 Kantor Wilayah di Indonesia. Meskipun Layanan Publik di Kementerian Hukum dan HAM pada kenyataannya sudah berbasis Online (E-Governance), tetapi dalam gelaran kali ini membuka akses seluas-luasnya kepada masyarakat khususnya Masyarakat Kota Bandung dan sekitarnya untuk datang dan ikut berpartisipasi pada gelaran Legal Expo 2021 ini.

Gelaran Legal Expo tahun 2021 terdiri dari beberapa kegiatan yang dilaksanakan yaitu ; 1. Virtual Expo (11 Virtual Booth Unit EselonI).


Banner Iklan Sariksa

2. Webinar Series (25 Oktober : Ditjen AHU dan BPHN), (26 Oktober : Ditjen Imigrasi dan Ditjen KI).


Banner Iklan Sariksa

3. Pameran Layanan Publik di Mall Lotte Avenue (Unit Pusat),

4. Pameran Layanan Publik serentak di Kantor Wilayah.

Ketua Penyelenggara Legal Expo Sekretaris Badan Pembinaan Hukum Nasional Audy Murfi menyampaikan kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (AHU), Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN), Direktorat Jenderal Imigrasi dan Direktorat Kekayaan Intelektual.

BACA JUGA: Buka Kegiatan Workshop Pembinaan Dan Perlindungan Notaris, Sudjonggo Tegaskan Akta Wajib Di Rahasiakan

Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum Cahyo Rahardian Muzhar, dalam sambutannya mewakili Menteri Hukum dan HAM menyampaikan bahwa layanan publik di Kementerian Hukum dan HAM telah didigitalisasi di hampir seluruh layanan yang diberikan, hal ini dimungkinkan untuk meningkatkan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.

“Kemenkumham berkomitmen mendorong kemudahan berusaha bagi masyarakat,” ujarnya.

Iapun menambahkan, Kemenkumham terus berinovasi mendorong pertumbuhan ekonomi di masyarakat dan wujud birokrasi digital dilaksanakan memudahkan penyampaian informasi sedetail mungkin kepada masyarakat dengan mengedepankan protokol kesehatan di era Pandemi Covid-19.

“Kami akan terus berupaya mendekatkan pelayanan publik kepada masyarakat dan membuka seluas-luasnya kemanfaatannya bagi pemulihan ekonomi masyarakat Indonesia demi terciptanya Pelayanan Kelas Dunia semakin PASTI,”sambungnya.

Lebih jauh, Kementerian Hukum dan HAM terus mendorong percepatan digitalisasi layanan hukum guna melahirkan pelayanan publik yang transparan, adil, partisipatif, dan akuntabel sehingga dapat menjangkau masyarakat secara lebih luas dan tanpa batasan waktu.

Komitmen untuk mewujudkan pelayanan kelas dunia juga diwujudkan melalui penetapan kebijakan-kebijakan yang berfokus untuk mendorong kemudahan berusaha (ease of doing business) di Indonesia, seperti penyederhanaan perizinan dalam mendirikan usaha (starting a business), memperoleh pinjaman (getting credit), dan penyelesaian perkara kepailitan (resolving insolvency),” jelasnya.

Pihaknya mengungkapkan, Dengan HDKD Tahun 2021, seluruh insan Kementerian Hukum dan HAM tetap berkomitmen mendukung kebijakan pemerintah.

” Kita harus bisa mewujudkan birokrasi yang lebih adaptif, cepat dalam proses pelayanan, dan pengambilan keputusan dengan dukungan teknologi digital,” pintanya.

Sementara itu, Di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat, Legal Expo dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat Sudjonggo dengan didampingi Pimpinan Tinggi Pratama Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat,

Adapun dalam kegiatan tersebut, ditandai dengan pengguntingan balon secara simbolis sebagai tanda diresmikannya penyelenggaraan Legal Expo tahun 2021 di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat.

BACA JUGA: Sudjonggo: Rakernispas Diharapkan Menjadi Momentum Terwujudnya UPT Pemasyarakatan dalam kondisi tertib

“Semoga layanan publik di Kanwil Kemenkumham Jawa Barat bisa menyentuh kepada seluruh elemen masyarakat dan tentunya bisa bermanfaat bagi masyarakat khususnya Masyarakat Jawa Barat”. Kata Kakanwil Sudjonggo.

Diketahui, Gelaran Legal Expo Tahun 2021,di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat didukung dan dimeriahkan oleh 12 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) diantaranya.

1. Medina Lux (Panci).
2. Lia Pik (Aneka Keripik).
3. Dapur Ceu Nin (Siomay).
4. Seyna El (Batagor Kering).
5. MABA – Tunggal Harapan Jaya.
6. Jahe Merah.
7. Colenak Bandung Murdi.
8. Chaw-Chaw (Keripik Pisang Aneka Rasa), 9. Diana Kitchen (Flos Roll Roti Ambon).
10. Sofnural (Minuman Herbal).
11. Prada Optical.
12. Chuangky BOS serta Radio MGT 101.1 FM Bandung dalam menyebarluaskan informasi layanan yang ada di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat pada Khususnya dan Layanan di Kementerian Hukum dan HAM pada umumnya.

Editor: Deni Supriatna 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: