Berita

BREAKING NEWS. Tanggal 26 Oktober nanti, Sukmawati Jalani Sudhi Wadani Dan Sah Beragama Hindu

DENPASAR BALI, Jarrakposjabar.comKabar mengejutkan datang dari puteri sang proklamator, Sukmawati Soekarnoputri yang memutuskan pindah agama dari Islam ke Hindu.

Kabar tersebut dibenarkan oleh Kepala Sukarno Center di Bali, Arya Wedakarna. Dia mengatakan, bahwa saat ini tengah dalam proses rangkaian perpindahan agama.

Sukmawati Soekarnoputri akan menjalani ritual pindah agama dari Islam ke Hindu di Kawasan Sukarno Center Heritage di Bale Agung, Singaraja, Kabupaten Buleleng, Bali, pada Selasa 26 Oktober mendatang. Ritual ini dinamakan Sudhi Wadani.

BACA JUGA: Jadi Juara Di PON Papua 2021, Aneu Veronica Atlet Asal Bandung Tidak Dapat Bonus, Pemkot Bandung Berdalih Tidak Punya Anggaran

Menurut Kepala Sukarno Center Bali, Arya Wedakarna, ritual Sudhi Wadani ini menandakan Sukmawati lahir menjadi manusia baru.

“Jadi inti upacara Sudhi Wadani ini adalah lahir kembali,” kata dia saat dihubungi, Sabtu (23/10).

“Tepat di usia ke-70 tanggal 26 Oktober, Bu Sukmawati pindah agama yang artinya kembali kepada eyangnya ke Hindu Dharma yakni ibunda Bung Karno Ida Ayu Nyoman Rai Srimben,”sambung Arya Wedakarna.

BACA JUGA: Provinsi Bali Di Guncang Gempa 4,8 M, 3 Orang Meninggal Dunia Dan Beberapa Orang Mengalami Luka berat

Selain itu, ia menerangkan bahwa ada beberapa tahapan yang wajib dilaksanakan ibu Sukmawati agar sah menjadi pemeluk agama Hindu.

Hal Pertama, Sukmawati harus meminta izin dan restu kepada keluarga besar Sukarno. adapun tahapan ini telah dilaksanakan beliau beberapa waktu lalu.

Beberapa keluarga besar yang dimaksud adalah Megawati Soekarnoputri, Muhammad Guntur Soekarnoputra, dan Muhammad Guruh Irianto Soekarnoputra. Bahkan ketiga anaknya pun menyetujui keputuhan perpindahan agama tersebut.

“Putra putri beliau menyetujui, mengikhlaskan, legawa ibundanya pindah ke Hindu,” kata dia. dikutip dari Kumparan.

BACA JUGA: Jadi Ladang Bisnis, TPU Covid-19 Lebaksaat Milik Pemkot Cimahi Diperjual Belikan Oleh Oknum PNS.

Sementara itu , ada tahapan kedua yaitu melukat atau upacara pembersihan diri di Pantai Bali Utara pada, Selasa (26/10) nanti. Puncaknya menjalani ritual Sudhi Wadani yang dipimpin tiga pendeta dan disaksikan oleh Parisada Hindu dan Kementerian Agama setempat.

Dalam upacara ini, Sukmawati akan mengucapkan syahdat Sudhi Wadani tanda ia sah sebagai Hindu.

Editor: Deni Supriatna

Deni

Kontributor Jarrak Pos Kota Bandung

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: