Didampingi Bupati Karawang, Kakanwil Sudjonggo Tanda Tangani Peresmian Ponpes Nurul Iman Di LP Karawang

Kakanwil Kemenkumham Jabar

KARAWANG, Jarrakposjabar.comKantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat dalam upaya mendorong Satuan Kerja dibawahnya untuk menyelenggarakan Pelayanan Publik yang semakin PASTI, hari ini pada, Jum’at, (22/10/21).

Kepala Kantor Wilayah, Sudjonggo, melaksanakan kegiatan Peresmian Pondok Pesantren Nurul Iman di Lapas Kelas IIA Karawang yang dipimpin oleh Kepala Lapas, Lenggono Budi, bertempat di Masjid Nurul Iman Lapas Kelas IIA Karawang bersama Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana.

Selain Bupati Karawang, turut hadir dalam kegiatan ini, Wakil Bupati Karawang, Aep Syaepuloh, Ketua DPRD Kab. Karawang, Pendi Anwar, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jabar, Taufiqurrakhman, Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jabar, Heru Tjondro, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Heriyanto, Kepala Kanim Karawang, Winarko, Kepala Kantor Kemenag Karawang, Dadang Ramdani, Ketua MUI Kab. Karawang, Ketua Ponpes Nurul Iman, dan Perwakilan dari Yayasan Hamida sebaga tenaga pengajar di Ponpes Nurul Iman ini.

BACA JUGA: Kegiatan Rutin Kumham Jabar Atasi Sulit Konsentrasi Dan Mudah Lupa Setelah Terinfeksi Covid-19, Berikut 5 Cara Yang Harus Dilakukan

Kegiatan diawali dengan pembacaan Al-Qur’an dan Saritilawah oleh Santri WBP Lapas Karawang.

Ketua Ponpes Nurul Iman, KH.Ceceng menyampaikan ucapan terimakasih hal itu diungkapkan dalam sambutannya.

“Saya ucapkan banyak terimakasih kepada Pak Kalapas, Ibu Bupati, dan Pak Kakanwil beserta jajarannya yang telah mensupport berdirinya Pesantren Nurul Iman di Lapas Karawang ini,” ujar KH.Ceceng.

“Semoga dengan terbentuknya Pesantren dapat menjadi jalan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan di Lapas Karawang untuk menjadi pribadi yang akhlak dan keimanan nya lebih baik lagi.” tambahnya.

Sebelumnya secara simbolis bupati Karawang menyerahkan bantuan kepada Santri Ponpes Nurul Iman berupa Pakaian dan Peci.

BACA JUGA: Bakti Sosial Kumham Peduli, Kanwil Jabar Semarakan HDKD 2021.

“Kami pemerintah Kabupaten Karawang akan mensupport dengan penuh atas pelaksanaan Pesantren di Lapas Karawang ini, Warga Binaan Pemasyarakatan sejatinya membutuhkan bimbingan, dengan mengajarkan Ilmu Agama kepada WBP dan ilmu yang diajarkan dapat merasuk kedalam Kolbu nya, diharapkan setelah kembali kemasyarakat dapat meningkatkan Akhlak dan Perilaku nya lebih baik lagi.” Kata Bupati Karawang Cellica.

Cellica yang akrab disapa Teh Celi ini juga menuturkan bahwa pesantren yang ada sebelumnya berada di Lapas Cianjur,

“Berkaca kepada yang sebelumnya, setelah lulus dari Pesantren dan kembali ke masyarakat WBP bisa mengamalkan ilmu yang didapat dari Pesantren di Lapas bahkan sampai dapat membuat pesantren sendiri seperti lulusan Santri dari Lapas Cianjur, hal tersebut tentunya dapat dijadikan motivasi oleh teman-teman WBP Lapas Karawang dalam menimba ilmu di Pesantren ini, “harap Teh Celli.

BACA JUGA: Optimalkan Efektivitas Fungsi Pemasyarakatan,  Kanwil Kemenkumham Jabar Gelar Rakernispas.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Sudjonggo sampaikan Apresiasi kepada seluruh pihak dan jajaran terkait, sehingga dapat terbentuknya Ponpes Nurul Iman di Lapas Karawang ini.

“Kami sangat mengapresiasi Support yang telah diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Karawang, Kementerian Agama Karawang, MUI Kabupaten Karawang, serta Yayasan Pesantren Hamida yang menjadi Lini terdepan bersama Kalapas Karawang dalam menyelenggarakan Bimbingan Kerohanian melalui Pondok Pesantren di Lapas Kelas IIA Karawang ini.” kata Kakanwil Sudjonggo.

Menurut Sudjonggo, Dengan Jumlah 99 Orang WBP yang menjadi Santri, dan 6 Orang pengajar dari Yayasan Pesantren Hamida dapat terus bersinergi dengan baik.

“Kami berharap Bupati, Kalapas, Kepala Kantor Kemenag, Ketua MUI, dan Ketua DPRD, dapat bersinergi dengan baik dalam menjalankan tugas dan kewajibannya sebagai Penasehat dalam penyelenggaraan Pondok Pesantren ini.” pintanya.

BACA JUGA: Peringati Hari Dharma Karyadhika Kumham Jabar Gelar Kualifikasi Perlombaan Menembak 

Lebih jauh, Sudjonggo berharap Kalapas lebih  dapat menularkan hal positif seperti Pembangunan Pondok Pesantren di Lapas ini.

“Kepada Lapas Lainnya yang ada di Jawa Barat minimal untuk Lapas yang satu Korwil dengan Lapas Karawang sehingga pelayanan kepada WBP melalui Bimbingan Rohani dapat menyebar di seluruh Lapas yang ada di Jawa Barat khususnya.” jelasnya.

Terakhir, Kakanwil Sudjonggo dn Bupati Karawang, Cellica pun melaksanakan peresmian dan Penandatanganan Prasasti Ponpes, kegiatan tersebut ditutup dengan Sesi Foto bersama.

Editor: Deni Supriatna 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: