BeritaKemenkumham Jabar

Buka Kegiatan Workshop Pembinaan Dan Perlindungan Notaris, Sudjonggo Tegaskan Akta Wajib Di Rahasiakan

Kanwil Kemenkumham Jabar

BANDUNG, Jarrakposjabar.comKepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat membuka kegiatan Workshop pembinaan, pengayoman dan Perlindungan profesi Notaris.

Adapun, kegiatan tersebut agar Notaris berpedoman dan tunduk kepada Undang-Undang Jabatan Notaris serta landasan filosfi dibentuknya UUJN dan UU perubahan atas UUJN adalah untuk terwujudnya jaminan kepastian hukum, ketertiban dan perlindungan hukum yang berisikan kebenaran dan keadilan melalui akta yang dibuatnya maka Notaris harus dapat memberikan kepastian dan perlindungan hukum kepada masyarakat yang menggunakan jasa Notaris.

BACA JUGA: Optimalkan Efektivitas Fungsi Pemasyarakatan,  Kanwil Kemenkumham Jabar Gelar Rakernispas.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Barat Sudjonggo mengatakan perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh Notaris dapat dibagi menjadi 2 yaitu berisfat pasif dan bersifat aktif, bersifat aktif yaitu Notaris melakukan perbuatan yang menimbulkan kerugian pada pihak lain sedangkan dalam artian pasif Notaris tidak melakukan perbuatan yang merupakan keharusan, sehingga pihak lain menderita kerugian.

“Jadi unsur adanya perbuatan melawan hukum adalah adanya kesalahan yang berhubungan dengan melawan hukum dan adanya kerugian yang ditanggung orang lain,” ujar Kakanwil.

BACA JUGA: Sosialisasikan Pendaftaran Perseroan, Kakanwil Kemenkumham Jabar: itu bersifat one-tier

Dengan tegas, kata Sudjonggo , Kehormatan Notaris (MKN) merupakan benteng terakhir dalam memberikan perlindungan kepada Notaris dengan Kewajiban Ingkar dan Hak Ingkar dalam rangka merahasiakan isi akta dan keterangan yang diperolehnya dalam pelaksanaan tugas jabatannya terkait dengan pembuatan akta.

“Keberadaan Majelis Kehormatan Notaris yang unsur-unsurnya termasuk anggota Notaris sebagai perpanjangan tangan organisasi perkumpulan Ikatan Notaris Indonesia (INI) mempunyai peranan yang cukup strategis untuk memberikan Perlindungan dan Pengayoman kepada Notaris dalam menjalankan tugas jabatannya, terlebih-lebih dalam permasalahan hukum yang dihadapi anggota Notaris berkewajiban melakukan tugas pembinaan dan pendampingan secara langsung,” kata Sudjonggo saat membuka workshop Pembinaan, Pengayoman dan Perlindungan Profesi Notaris di Grandia Hotel Bandung, Rabu (06/10/21).

BACA JUGA: Omnibus Law UU Cipta Kerja Di Sahkan Pemerintah, Kanwil Kemenkumham Jabar Sosialisasikan Pendaftaran Perseroan Lebih Mudah.

“Disini teman-teman notaris saya ingat kan kembali hukumnya wajib merahasiakan segala sesuatu mengenai Akta yang dibuatnya dan segala keterangan yang diperoleh guna pembuatan Akta sesuai dengan sumpah/janji jabatan, kecuali undang-undang menentukan lain,” tambahnya.

Selanjutnya, Sudjonggo menuturkan hal ini menjadi penting, karena apabila ini dilanggar, maka atas pengaduan dari pihak yang merasa dirugikan kepada Aparat Penegak Hukum, Notaris tersebut dapat berpotensi dikenakan Pasal 322 ayat (1) dan ayat (2) KUHP dengan ancaman pidana paling lama 9 (sembilan) bulan karena telah sengaja membuka rahasia yang wajib disimpannya karena jabatannya atau pekerjaannya, baik yang sekarang maupun yang dulu.

BACA JUGA: Terima Audiensi, Kakanwil Kemenkumham Jabar Ditawari Program Dari Bank BTN.

“Saya menghimbau kepada teman-teman notaris sekalian untuk selalu menjunjung tinggi sumpah jabatan yang telah diucapkan ketika dilantik di mana wajib untuk menjalankan jabatan dengan amanah, jujur, saksama, mandiri, dan tidak berpihak,” tutupnya.

Hadir dalam pembukaan workshop Irfan Ardiansyah Ketua Pengwil INI Jabar, Direktur Kriminal Umum Polda Jabar Kombes. Pol. Yani Sudarto, Ketua Pengwil INI Jateng Widhi Handoko, MKNW Jabar unsur Notaris Deni Haspada, Kepala Bidang Pelayanan Hukum Ahmad Kapi Sutisna dan diikuti 125 notaris se-Jawa Barat. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan diskusi panel yang di moderator Agus Setiawan dengan narasumber Abdul Wahab, Amirullah dan Ahmad Kapi Sutisna.

Editor: Deni Supriatna

Deni

Kontributor Jarrak Pos Kota Bandung

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: