Gerakan Gemar Makan Ikan” Sehat, Kuat dan Cerdas”.

Indramayu.Jarrakposjabar.com. Negara negara yang sudah maju selalu mendorong warga masyarakatnya untuk mencukupi asupan makanan dengan makanan sehat dan bergizi.

Negara Republik Indonesia terkenal dengan negara yang kaya sumber daya alam baik itu nabati, hewani dan non hayati.

Negara Kesatuan Republik Indonesia yang mempunyai bentangan yang lautan cukup luas,memiliki sumber daya alam yang melimpah ruah, baik itu sumber daya hayati maupun mineral yang tak kan habis kalau di manfaatkan secara benar.

Selain itu Negara Indonesia terkenal dengan negara maritim terbesar setelah Cina.

Kabupaten Indramayu yang memiliki bibir pantai yang cukup luas juga menyimpan potensi alam yang berlimpah, terutama dalam hal ini adalah sektor perikanan. Sebagai mana kita tahu Indramayu termasuk pemasok ikan terbesar untuk wilayah Jawa Barat.

Hal ini dimungkinkan masyarakat Indramayu yang sebagian besar berprofesi sebagai petani sawah, petani tambak dan nelayan.


Banner Iklan Sariksa

Bertempat didesa Warantara Kecamatan Sindang Kabupaten Indramayu Dinas Kelautan dan Perikanan Indramayu mengadakan ‘Gerakan Gemar Makan Ikan” hadir dalam acara tersebut Kepala desa Warantara Warsidi, Ketua Tim PPK Indramayu Kunikah MPd yang juga Bunda For Ikan, Kepala Diskanla yang diwakili Kdbit pembinaan Takta Matullah SE Camat Sindang yang di wakili kasie trantib Taryn, Babinsa dan Babinmas desa Warantara, kepala sekolah SDN Babadan 3, kepala Paid Warantara dan murid murid SD dan Paud se Warantara.


Banner Iklan Sariksa

Dalam sambutannya Ketua Tim PPK Kabupaten Indramayu Kunikah MPd (bunda for ikan) mengatakan,”gemar makan ikan bisa menurunkan angka stantng oleh karena itu peran keluarga itu sangat penting dalam upaya meningkatkan gemar makan ikan, terutama ibu ibu yang datang mohon untuk dirubah kebiasan anak supaya gemar makan ikan, karena manfaat ikan itu sangat banyak manfaatnya bisa membuat anak sehat, cerdas dan kuat.

Selain itu ikan juga mempunyai nilai ekonomis yang tinggi serta harga ikan tidak terlalu mahal dibandingkan dengan harga daging kambing, daging sapi dan daging ayam.

Oleh karena itu marilah kita galakkan gemar makan ikan sesuai dengan visi misi Indramayu bernartabat,” tegasnya

‌ Sementara itu Kepala Diskanla yang diwakili kabid pemberdayaan Takta Matullah SE mengatakan,”kegiatan ini s bagai cara menumbuhkan kesadaran lewat edukasi akan pentingnya makan ikan, jangan sampai ikan yang melimpah di Indramayu tidak bisa menjadi asupan gizii apalagi sampai tidak disukai oleh masyarakat Indramayu.

Ini merupakan rangkaian kegiatan pada tanggal 9 September yang dicanangkan oleh Bupati Nina Agustina di desa Dukuh Jati kecamatan Krangkeng, dan didesa Warantara ini merupakan keguatan yang kedua, nanti ada 3 tempat lagi yaitu Widasari, Bongas dan Anjatan yang mana daerah tersebut angka Stanting masih tinggi.

Oleh karena itu dengan adanya kegiatan ini merupakan bentuk keperdulian serta partisipasi Diskanla dalam rangka menurunkan stanting di Indranayu.

Ikan juga bisa diolah menjadi jenis makanan lain seperti naget, sonai, baso, bergedel dan berger, jadi tidaklah keren kalau geberasi sekarang tidak suka makan ikan karena selain mempunyai asupan gizi yang baik ikan juga mengandung protein, serta omega 3 yang cukup tinggi bisa mencegah Gizi buruk, Struk dan juga Stanting yang angkanya masih tergolong tinggi di Indramayu,” paparnya

‌Pada kegiatan gemar makan ikan, para peserta yang merupakan siswa SD,TK dan Paud selain diberikan makan ikan gratis juga diberikan edukasi tentang pentingnya makan ikan kepada orang tua/Ibu ibu yang hadir, serta diberikan doorprice kepada para siswa yang berani menjawab pertanyaan yang diajukan serta senam bersama dengan lagu gemar makan ikan. Mudah mudahan dengan adanya kegiatan gemar makan ikan ini generasi Indramayu terbebas dari stanting, cerdas kuat dan sehat.

 

 

Sumber : Jarrakpos Official
Laporan : ‌Wahyu Jarrak Pos Indramayu

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: