Sosok Petani Sederhana Yang Ingin Mengabdikan Diri Pada Masyarakat Bojongmalaka

Menelisik Sulaeman Seorang Calon Kepala Desa Bojongmalaka

BANDUNG, Jarrakposjabar.com- Rasulullah saw. bersabda yang artinya: “Sebaikbaik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia yang lain’. Hadist ini diriwayatkan oleh al-Tabrani dalam Mu’jam al-Awsathnya dan dinilai dhaif oleh ulama karena kecatatan perawinya namun terdapat banyak jalur yang meriwayatkan hadist tersebut.

Hal inilah yang selalu dipedomani seorang Petani Sederhana bernama Sulaeman yang mencoba menawarkan pengabdianya untuk membawa warga desa bojongmalaka kearah pembaharuan yang lebih baik. Bapak 2 anak yang asli tinggal di Kp. Kerenceng ini memang dikenal sebagai pribadi supel yang mudah berbaur dengan masyarakatnya dan jauh dari kesan kemewahan.

Foto Sulaeman Seorang Calon Kepala Desa Yang Keseharianya Adalah Petani dan Tukang Giling Gabah (dok.jarrakposjabar.com)

Keseharian rutinitas Sulaeman adalah bertani dan membuka jasa penggilingan padi untuk para petani yang membutuhkan jasanya.

Berdasar wawancara dengan Pewarta jarrakposjabar dikediamanya, kesan kesederhanaan sudah terlihat dari mulai tempat tinggal biasa ataupun perabotan rumahnya. Namun kesan sederhana tidak menyurutkan langkah dan pandanganya ketika sulaeman memberikan pandanganya apabila masyarakat Desa Bojongmalaka memberikan amanah kepada dirinya. Sulaeman adalah salah satu Calon Kepala Desa Bojongmalaka nomor  4. ( empat )

Pokok pokok pikiranya yang dirangkum oleh Pewarta jarrakposjabar.com adalah sebagai berikut :

  1. Memberikan pelayanan yang mudah , tidak berbelit, dan maksimal dengan mengedepankan humanisme pada masyarakat dan akan bersikap tegas terhadap pungutan liar yang membebani masyarakat dan tidak sesuai aturan.
  2. Memberikan supporting pendanaan dari APBDes untuk pihak pihak yang berkaitan dengan pelayanan masyarakat antara lain kepengurusan RT/RW, BPD, LPMD, DKM, Kader Posyandu, Linmas , dan lainya karena sulaeman merasa tidak bisa bekerja sendiri dan harus melibatkan semua unsur yang ada.
  3. Pembenahan infrastruktur akses akses penting untuk mobilitas masyarakat, dan mendorong pemerintah membuat akses alternatif buat mobilitas masyarakat ketika wilayahnya terkepung banjir.
  4. Mensinergikan pengusaha-pengusaha sukses Desa Bojongmalaka untuk membantu dalam program Rehap Rumah Masyarakat yang tidak layak huni, Kegiatan Posyandu, Penyisiran Bayi Gizi Buruk, sarana dan prasarana ibadah, kantor dan balai RW serta kegiatan yang bersifat untuk kepentingan umum.
  5. Memberdayakan Karang taruna yang produktif tiap RW Melalui pembinaan setiap bulan .
  6. Bekerjasama dengan aparat penegak hukum untuk mengurangi keterlibatan masyarakat  dengan Rentenir , mengoptimalkan peran perbankan dalam membantu permodalan warung warung kecil dan UKM.
  7. Dan Beberapa program lainya yang sudah dipikirkan secara matang hasil dari pemikiranya dan interaksi aktif dengan masyarakat Desa Bojongmalaka.
    Foto Calon Kepala Desa Bojongmalaka Sulaeman ( Kang Sule ) yang ikut berbaur dengan warga untuk membersihkan parit (dok.jarrakposjabar.com)

Masyarakat Bojongmalaka akan memilih pemimpinya untuk 6 tahun kedepan namun salah satu problemnya adalah masih adanya masyarakat bojongmalaka yang  memilihnya secara sepintas dengan adanya  pengaruh money politik, padahal dengan money politik akan menghasilkan pemimpin yang korup dan tidak berhati nurani. Sulaeman mengajak Masyarakat Desa Bojongmalaka untuk cerdas memilih pemimpin yang baik. ( Red )


Banner Iklan Sariksa

 


Banner Iklan Sariksa

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: