BeritaCovid - 19HukumKabupaten Bandung Barat
Trending

Terbukti Sejumlah Pejabat Di Pemkab KBB Setor Uang Kepada Aa Umbara

BANDUNG. JARRAKPOSJABAR.COM. Sidang lanjutan Bupati Bandung Barat non aktif Aa Umbara Sutisna, kali ini Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menghadirkan saksi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan KBB Ricky Riyadi, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda KBB Imam Santoso dan Ahmad Kresna dan Alan Sandria. Rabu (8/9/21).Dipengadilan Negri Tipikor. Jl. L. L. L. R.E. Martadinata, Kota Bandung.

Dalam persidangan, Majelis hakim mempertanyakan terkait sejumlah pejabat Pemkab Bandung Barat yang memberikan uang kepada Aa Umbara Sutisna dalam perkara dugaan korupsi pengadaan barang bantuan sosial pandemi Covid-19.


BACA JUGA: Jadi Narasumber, Aa Umbara Kantongi Puluhan Juta Dari Kepala BPKAD Agustina Piryanti.

Adapun, Dalam persidangan terungkap terdakwa Aa Umbara terbukti telah menerima sejumlah uang dari Disperindag Ricky Riyadi sejumlah Rp17,5 juta. Adapun penyerahan uang tersebut melalui Ajudan Aa Umbara, diduga sejumlah uang tersebut berkaitan dengan mutasi dan promosi jabatan di Pemkab KBB.

“Setiap saya memberikan uang saya tidak pernah memberitahukan kepada Bupati (Aa Umbara), karena uang tersebut di serahkan melalui ajudannya beliau, ” ujar Ricky.

BACA JUGA: Jadi Saksi Dalam Kasus Aa Umbara, Hengky: Saya Tidak Pernah Dilibatkan Dalam Penanganan Covid-19 Dan Bansos.

Diketahui dalam persidangan sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menghadirkan saksi Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Agustina Piryanti dipersidangan Pengadilan Negeri Tipikor, Rabu (1/9/21).

Jaksa KPK Budi Nugraha mempertanyakan terkait uang yang diberikan kepada Aa Umbara sebesar 35.000.000. Namun, Agustina mengaku bahwa uang yang diberikan sebagai honor untuk Bupati dan uang tersebut murni dari kantong pribadi miliknya.

“Uang senilai 35. 000.000 merupakan Honor pak bupati saat menjadi narasumber dikegiatan yang di selenggarakan dilingkungan BPKAD dan uang tersebut dari saya pribadi,” ujar Agustina menjawab pertanyaan Jaksa KPK.

BACA JUGA: Cegah Potensi Kebakaran Di Lapas Cibinong, Kakanwil Sudjonggo Perintahkan Kerjasama Dengan Damkar Segera Dibentuk

Sementara itu, Kuasa hukum dari terdakwa Aa Umbara, Ricky Riyadi menjelaskan ada beberapa Pertimbangan-pertimbangan selain dari pada permohonan.

“Kami sudah mencantumkan dan  melampirkan bukti surat dari Kebon Waru yang memang menerima titipan tahanan, karena sesuai dengan fungsi rutan,” ujar Rizky.

Menurutnya, Terkait dengan teknis pemindahannya pihaknya sudah mempertanyakan di persidangan bahwa penuntut umum menyampaikan akan melaksanakan penetapan itu sebelum persidangan minggu depan.

BACA JUGA: Sudjonggo Turun Langsung Tinjau Kesiapan WBK Di LP Purwakarta Dan Pembangunan LP bekasi.

“Jadi sebelum sidang hari Rabu depan itu ketiga terdakwa sudah berada di Bandung sekaligus Aa Umbara berarti,” jelasnya.

Efek positif terhadap pemindahan terhadap terdakwa Bupati Bandung Barat non aktif?

Rizky menuturkan, kalau efek positif itu ketika memang terdakwa hadir secara offline di ruang persidangan pihaknya lebih mudah berinteraksi jika ada saksi yang memberikan keterangan dalam sidang yang tidak sesuai fakta.

BACA JUGA: Kapolda Jabar Tinjau Langsung Vaksinasi Merdeka Di Ponpes Baitul Arqom Pacet Dimasa PPKM.

“Kita lebih interaktif dari apa yang saksi sampaikan untuk menanggapinya, karena yang lebih tahu faktanya itu beliau (Aa Umbara), kata Rizky.

“Terkait kepindahan ke Bandung kami juga bersyukur dan berterima kasih kepada majelis hakim, setidaknya kami akan berupaya untuk bisa berkunjung. Kami sebagai PH jelas akan mentaati Prokes ke rutan Kebon Waru, supaya sebelum bersidang kami bisa berkoordinasi terlebih dulu membahas berkas perkara dengan Aa Umbara dan Andri, “tandasnya.


Editor: Deni Supriatna

Deni

Kontributor Jarrak Pos Kota Bandung

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: