BeritaDaerah

Anggota DPR-RI Fraksi PDI Perjuangan Ono Surono Hadiri Saresehan Dengan Petani Tebu Sindanglaut.

CIREBON, Jarrakposjabar.com-Anggota DPR-RI Komisi IV dari Fraksi PDI Perjuangan Ono Surono, ST bertemu dengan para Petani tebu Sindanglaut dalam acara sarasehan. Acara tersebut di laksanakan di salah satu rumah di area Pabrik Gula (PG) Sindanglaut dengan mengikuti Protokol Kesehatan (Prokes) secara ketat, Minggu 15 Agustus 2021.

Dalam saresehan tersebut di hadiri oleh Ketua Rumah Aspirasi Ono Surono (Raos) Kab. Corebon Dr. Sophi Zulfiah,SH,MH dan unsur Partai diantaranya adalah Ketua DPC PDI Perjuangan Kab
Cirebon Drs. H. Imron M.Ag, Wakabid Pemberdayaan Perempuan & Anak DPC PDI Perjuangan Kab. Cirebon Hj. Wahyu Tjiptaningsih,SE,M.Si, keduanya adalah merupakan Bupati dan Wakil Bupati Cirebon, dan Anggota DPRD Prov, Jabar Bambang Mujianto, ST, serta para Petani Tebu.

Para Petani tebu yang hadir dalam acara saresehan tersebut mengeluhkan tentang sulitnya mendapatkan pupuk bersubsidi, padahal pupuk tersebut sangat dibutuhkan guna memperingan beban biaya tanam, sebab dengan tidak beroperasinya PG Sindanglaut menambah beban biaya operasional karena jarak angkut yang terlalu jauh, sehingga nambah biaya transportasi, dan para petani sangat berharap pupuk tersebut diadakan dan di perjuangkan sekalipun mungkin sangat sulit.

Petani tebu juga berharap agar PG Sindanglaut bisa beroperasi kembali, agar para pekerja yang di PHK bisa bekerja kembali seperti sediakala dan para petani mendapatkan keringanan biaya angkut, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan petani seiring dengan berkurangnya biaya transportasi, di karenakan para petani tebu gilingnya dekat, ujar Mai Azhar salah satu petani Tebu di Wilayah Sindanglaut.

Menanggapi keluhan petani, Anggota DPR-RI komisi IV dari Fraksi PDI Perjuangan Ono Surono,ST yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat berjanji akan membawa aspirasi dari para petani tebu tersebut ke rapat kerja Komisi dengan Kementrian Pertanian, namun Ono mengajak agar para petani bersinergi dengan Pemkab Cirebon, mengingat semua usulan akan melalui proses mekanisme yang ada.

“Terkait dengan keinginan petani tebu, agar PG Sindanglaut bisa beroperasi kembali, saya sih berharap bisa asalkan ditempuh dengan pemenuhan syarat,”terang Ono.

Selain itu Ono juga berjanji akan terus fokus membantu para petani yang ada di Kab. Cirebon agar para petani bisa sejahtera, jangan sampai petani saat ini seperti kisah petani bernama marhains jaman Bung Karno yang memiliki lahan dan cangkul tapi kehidupannya jauh dari sejahtera.

Selama ini pihaknya selalu fokus memberikan banyak bantuan alat pertanian di Indramayu, dan Kab. Cirebon saat ini akan mendapatkan giliran dan kedepan bantuan tersebut akan di usahakan secara maksimal, agar para petani dapat meningkatkan hasil garapannya,”pungkas Ono.

Dalam kesempatan terakhirnya Hj. Wahyu Tjiptaningsih,SE,M.Si atau yang akrab di sapa Ayu mengatakan, pihaknya melalui jalur Partai dalam situasi apapun akan berusaha untuk hadir memperjuangkan apa yang menjadi kesulitan warga, mengingat PDI Perjuangan adalah merupakan Partainya Wong Cilik, sehingga selalu aktif bersama Wong Cilik, dan semoga Pa Ono berhasil dalam memperjuangkan apa yang menjadi aspirasi para petani, mengingat persoalan Petani tebu yang menginginkan agar Pabrik Gula Sindanglaut bisa beroperasi kembali adalah merupakan kewenangan Pusat, maka di harapkan Pa Ono mampuh memperjuangkannya,”ujar Ayu.

“Apa lagi kedepan Pa Ono akan mencalonkan Jabar satu, kelakar Ayu sambil tertawa terbahak-bahak melucu namun serius, dan mendapatkan aplous tepuk tangan dari peserta yang hadir.

Acara saresehan tersebut ditutup dengan pemberian bantuan rawat ratoon secara simbolis yang diberikan secara bergiliran oleh Ono Surono,ST, Imron, Bambang Mujiarto,ST dan Ayu , kepada perwakilan kelompok tani tebu yang hadir dalam acara tersebut.

 

 

Sumber : Jarrakpos official
Pewarta : Hadi Supangat
Editor : Kurnia

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: