BeritaCovid - 19HukumNasional
Trending

Jubir KPK Ali Fikri: Berkas Kasus Aa Umbara Dan Anaknya Sudah Dilimpahkan Ke PN Tipikor Bandung.

JAKARTA. JARRAKPOSJABAR.COM. Bupati Kabupaten Bandung Barat (KBB) (non aktif ) Aa Umbara Sutisna (AUS) dan anaknya Andri Wibawa (AW) serta M. Totoh Gunawan (MTG) yang menjadi tersangka dalam kasus korupsi pengadaan barang tanggap darurat bencana Pandemi Covid-19 di Dinas Sosial Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bandung Barat Tahun 2020, adapun berkasnya kini dilimpahkan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Bandung.

Pelaksana Tugas Juru Bicara (Jubir) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri mengatakan bahwa proses panjang sudah dilakukan dalam pemeriksaan oleh tim penyidik KPK, adapun berkas-berkas kasus yang sudah P-21 telah di limpahkan ke Pengadilan Negeri Bandung oleh tim Jaksa Penuntut Umum KPK Budi Nugraha.


BACA JUGA: Lantik 182 Pejabat Tanpa Surat Kemendagri, Hengky Kurniawan Dapat Masalah Besar.

BACA JUGA: Aktor Ganteng Hengky Kurniawan Yang Kini Menjabat Plt Bupati Bandung Barat Ini, Dalam Masalah Besar.

“Alhamdulillah, dari pihak Jaksa KPK Bapak Budi Nugraha telah melaksanakan pelimpahan berkas perkara terdakwa Aa Umbara Sutisna dan kawan-kawan ke Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Bandung,” kata Ali Fikri melalui pesannya secara terulis pada, Senin (9/8/21).

Menurut Ali, penahanan para Terdakwa sekarang sudah beralih dan sepenuhnya menjadi kewenangan Pengadilan Tipikor Bandung.

BACA JUGA: Sidang Tuntutan Eks Walikota Cimahi Ajay M Priatna Dilanjutkan Tanggal 12 Agustus 2021.

“Terdakwa Aa Umbara Sutisna sementara waktu masih dalam penahanan di rutan KPK di Gedung Merah Putih, dan terdakwa Andri Wibawa di Rutan KPK Kavling C1, sedangkan Terdakwa M. Totoh Gunawan di Rutan KPK pada Pomdam Jaya Guntur,” ujar Ali.

Selanjutnya, kata Ali, saat ini pihak Tim JPU masih menunggu keputusan untuk penetapan penunjukkan Majelis Hakim dan penetapan hari sidang dengan agenda awal pembacaan surat dakwaan.

BACA JUGA2 Pelaku Peretas Website Skretariat Kabinet RI ternyata dari Komunitas Padang BlackHat.

“Untuk terdakwa Aa Umbara Sutisna dijerat dengan Pasal 12 huruf i UU Tipikor Jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP. dan Pasal 12 B UU Tipikor Jo Pasal 65 ayat (1) KUHP.,” tegas Ali.

Sedangkan untuk anaknya Andri Wibawa dan terdakwa M.Totoh Gunawan dikenakan Pasal 12 huruf i UU Tipikor Jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP.,”tandasnya.

BACA JUGA: Jum’at Berkah, Lapas Kelas 1 Sukamiskin Serahkan 100 Paket Sembako Bagi Warga  Kurang Mampu. 

Diketahui sebelumnya, Aa Umbara Sutisna yang merupakan orang nomor 1 di Kabupaten Bandung Barat (KBB) tersebut ditangkap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada tanggal 9 April 2021.


Editor: Deni Supriatna

Deni

Kontributor Jarrak Pos Kota Bandung

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: