DaerahEkonomi

Inisiator di Kabupaten Kuningan, Desa Kertayasa Launching Aplikasi Kururio

Bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi desa

Kuningan. Jarrakposjabar.com – Desa Kertayasa bekerjasama dengan Koperasi Rumah Kolaborasi Kuningan (K-RKK) menyapa Indonesia dalam acara launching aplikasi Kururio bersama 15 Kabupaten Kota, dengan tagline “Peduli UMKM Desa”, Minggu, (8/8/21).

Aplikasi Kururio keberadaannya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Desa di masa pandemi, yang berdampak pada perubahan perilaku masyarakat dalam berbelanja yang lebih menyukai melalui daring (online).

Menurut Ketua Koperasi RKK, Ahmad Mansur dalam sambutannya mengatakan, berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM tercatat, jumlah UMKM yang sudah menggunakan teknologi digital (e-commerce) mencapai 12 juta lebih (data Februari 2021).

Kepala Desa Kertayasa, Arif Amarudin. S.HI menyatakan bahwa meski angkanya belum terlalu besar (sekitar 13%) bila dibanding jumlah populasi UMKM di Indonesia yang totalnya sekitar 64 juta. Karenanya Koperasi RKK berkolaborasi dengan Kururio Indonesia (Platform jasa transportasi online) dan Pemerintah Desa Kertayasa.

“ Pemerintah Desa Kertayasa ingin ambil bagian mendukung gerakan pemerintah dengan mendorong sebanyak-sebanyaknya para pelaku UMKM di pedesaan untuk masuk ke pasar digital.” Tutur Arif Amarudin, Kepala Desa Kertyasa dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi.

Bupati Kuningan H. Acep Purnama (kaus merah) Dan Kepala Desa Kertayasa Arif Amarudin (batik coklat) saat memasuki balai desa sebelum acara launching dimulai (Minggu, 08/08/2021)

Menurut Airf,  salah satu perannya adalah melakukan literasi dan edukasi ke para pelaku UMKM yang berada di desa akan pentingnya memahami kondisi pasar digital. Semangat ini dipadukan dengan visi kuririo Indonesia yang di inisiasi para kelompok pegiat literasi digital yang fokus membantu memasarkan produk-produk UMKM ke market place se nusantara dan membuka akses lapangan kerja baru ke masyarakat yang ingin menjadi driver berbasis aplikasi online yang nantinya driver juga include masuk ke anggotaan koperasi.

Peluncuran aplikasi Kururio ini diresmikan oleh Bupati Kuningan H. Acep Purnama SH. MH dengan turut disaksikan secara online oleh para kepala daerah dan pengurus Kururio dari 15 Kabupaten/ Kota. Diantaranya Kota cirebon, Kab cirebon, Kab kuningan, Kab aceh barat daya, Kota Langsa, Kab aceh tamiang, Kab teluk Wondama, Kota Semarang, Kab Mamuju, Kab wakatobi, Kota jayapura, Kab jayapura, Kab Keerom dan Kota Denpasar.

Selain itu acara ini pun dihadiri langsung secara langsung (offline) oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Camat Sindangagung, Kapolsek Garawangi, mahasiswa KKN UIN Sunan Gunung Djati Bandung serta mitra Kururio se Kabupaten Kuninganan.

“ Semoga Koperasi Rumah Kolaborasi Kuningan dapat menjalankan program tersebut dan memberikan kontribusi bagi semua pihak dalam meningkatkan perekonomian nasional” Tambah Kepala Desa Arif Amarudin. (AS)

Editor : LIe

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: