BeritaCovid - 19Jawa Barat

PPKM Level 4 Diperpanjang Hingga 2 Agustus 2021, Ridwan Kamil Ucapkan Permohonan Maaf.

BANDUNG. JARRAKPOSJABAR.COM. Penerapan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 dari tanggal 26 Juli diperpanjang hingga tanggal 2 Agustus 2021,dan ada 11 Daerah di Jawa Barat yang sudah membaik masih menerapkan PPKM dilevel 3.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang akrab disapa kang Emil menyampaikan permohonan maaf terkit perpanjangan PPKM dilevel 4 yang akan lakukan di Jawa Barat.

BACA JUGA: Pemerintah Perpanjang PPKM Level 4 Dari Tanggal 26 Juli Sampai 2 Agustus 2021. 

Mohon maaf, ijin menyampaikan berita yang mungkin tidak menyenangkan. 

Presiden malam tadi mengumumkan perpanjangan PPKM Level 4 sampai dengan tanggal 2 Agustus 2021. Secara umum situasi membaik namun belum terkendali sepenuhnya.

“Namun, Alhamdulillah ada 11 Daerah di Jawa Barat yang berhasil membaik sehingga diperbolehkan melaksanakan PPKM di Level 3 dengan berbagai pelonggaran,”kata Emil dikutip jarrakposjabar.com dari akun instagram @ridwankamil. Minggu (25/17/21).

BACA JUGA: BPI KPNPA RI : Minta Polri Sikat Habis Mafia Tanah di Sumut ,Jabar Dan Banten Yang Makin Menggila.

Sementara itu, kata Emil, Untuk 16 daerah lainnya yang masih berada di PPKM Level 4, mari kita berjuang bersama untuk menyempurnakan segala ikhtiar agar minggu depan situasinya bisa membaik, adapun keterisian RS untuk covid di Jabar juga terus membaik, hari ini turun lagi ke 69%.

“Alhamdulillah Jabar terbanyak di Jawa Bali wilayahnya yang bisa melaksanakan PPKM level 3, semoga kedepannya semua bisa ke level 2 ataupun level 1,” tambahnya.

Selain itu, Emil juga menggambarkan kondisi dan aturanya sehingga dapat mempermudah dan bisa dipahami masyarakat Jawa Barat.

” Saya buatkan mind mappingnya semoga mempermudah pemahaman. Hatur Nuhun. Sekali lagi mohon maaf, semoga dengan kerjasama kita semua, semua ketidaknyamanan ini bisa diakhiri secepatnya” tukasnya.

BACA BACA: BPI KPNPA RI : Tidak Etis Elit Bangsa Mulai, Profesor, Doktor , Purnawirawan Jadi Provokator di Era Pandemi Covid-19.

Adapun, Penentuan Level 1-4 menyesuaikan dengan standar WHO terkait indeks kasus harian, kesembuhan, kematian, BOR, testing tracing.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk melanjutkan penerapan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 dari tanggal 26 Juli hingga tanggal 2 Agustus 2021. Kebijakan tersebut diambil setelah Presiden dan jajarannya mempertimbangkan sejumlah hal, baik aspek kesehatan, aspek ekonomi, hingga dinamika sosial.

“Dengan mempertimbangkan aspek kesehatan, aspek ekonomi, dan dinamika sosial, saya memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKM Level 4 dari tanggal 26 Juli sampai dengan 2 Agustus 2021. Namun, kita akan melakukan beberapa penyesuaian terkait aktivitas dan mobilitas masyarakat yang dilakukan secara bertahap dengan pelaksanaan yang ekstra hati-hati,” ujar Presiden saat menyampaikan keterangan di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (25/07/2021).

BACA JUGA: Pemerintah Perpanjang PPKM Level 4 Dari Tanggal 26 Juli Sampai 2 Agustus 2021. 

Adapun sejumlah penyesuaian yang dilakukan oleh pemerintah dalam penerapan PPKM antara lain sebagai berikut:

Pertama, pasar rakyat yang menjual sembako sehari-hari diperbolehkan untuk buka seperti biasa dengan protokol kesehatan yang ketat.

Kedua, pasar rakyat yang menjual selain kebutuhan pokok sehari-hari bisa buka dengan kapasitas maksimal 50 persen sampai dengan pukul 15.00, di mana pengaturan lebih lanjut dilakukan oleh pemerintah daerah.

BACA JUGA: Cegah Penyebaran Covid-19, LP Sukamiskin  Laksanakan Vaksinasi Massal Sebanyak 250 Orang. 

Ketiga, pedagang kaki lima, toko kelontong, agen atau outlet voucher, pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan, dan usaha-usaha kecil lain yang sejenis diizinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat sampai dengan pukul 21.00 yang pengaturan teknisnya diatur oleh pemerintah daerah.

Keempat, warung makan, pedagang kaki lima, lapak jajanan, dan sejenisnya yang memiliki tempat usaha di ruang terbuka diizinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat sampai pukul 20.00 dan maksimal waktu makan untuk setiap pengunjung 20 menit.

Deni

Kontributor Jarrak Pos Kota Bandung

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: