BeritaCovid - 19Nasional

Jokowi Tegaskan Pemerintah Tetap Memberlakukan PPKM Mikro Sebagai Kebijakan Paling Tepat Menekan Laju covid-19.

Sumber: Chanel YouTube Skretariat Kabinet.

JAKARTA. JARRAKPOSJABAR.COM. Presiden Jokowi menolak terkait pemerintah menerapkan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) atau lockdown (karantina wilayah) dan tetap menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro untuk menekan laju COVID-19.

Presiden Jokowi menyebut keputusan pemerintah sudah bulat kebijakan paling tepat saat ini adalah menetapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro.


BACA JUGA: Danrem 061/Sk Tingkatkan Operasi PPKM Mikro Guna Mencegah Lonjakan Penularan Covid 19 Di Kota Bogor.

“Pemerintah telah menerima banyak masukan-masukan dan tentunya kami menyambut baik setiap masukkan baik pribadi, kelompok, atau pun masyarakat, termasuk usulan untuk memberlakukan kembali PSBB dan lockdown mengingat lonjakan kasus positif yang sangat pesat,” ucap Jokowi dalam Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (23/6).

Tangkapan layar Presiden Jokowi saat konferensi pers di istana yqng disiarkan melalui Chanel YouTube Skretariat Kabinet, Rabu (23/6/21).

Jokowi mengatakan kenaikan kasus positif yang tajam menyebabkan tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit juga semakin meningkat.

BACA JUGA: Komisi IV DPRD Kabupaten Karawang Ingatkan Perusahaan Yang Akan Merekrut Para Pekerja

Karena itu, perlu ada pembatasan kegiatan masyarakat untuk menekan kasus baru corona. Namun, berbagai pertimbangan yang dikaji pemerintah sampai pada kesimpulan PPKM Mikro yang paling tepat karena penerapannya hingga tingkat desa/kelurahan.

“Pemerintah telah mempelajari berbagai opsi penanganan COVID-19 dengan memperhitungkan kondisi ekonomi, kondisi sosial, kondisi politik di negara kita Indonesia, dan juga pengalaman-pengalaman dari negara lain,” paparnya.

BACA JUGA: Ketua dan Anggota Komisi IV DPR RI, Melakukan Kunker ke Indramayu.

“Pemerintah telah memutuskan PPKM Mikro masih menjadi kebijakan yang paling tepat untuk menghentikan laju penularan COVID-19, hingga ke tingkat desa atau langsung ke akar masalah yaitu komunitas,”
Kata Jokowi.

BACA JUGA: Polemik Pembongkaran 196 Makam di TPU Cikadut, LPB Sebut Pemkot Bandung Mafia Covid-19

Menurut Jokowi, PPKM Mikro dan PSBB mempunyai kemiripan dalam hal pembatasan kegiatan masyarakat di berbagai sektor, adapun perbedaannya yakni PSBB diterapkan dalam skala provinsi, sementara PPKM Mikro dalam lingkup kab/kota dan lebih kecil lagi bisa di tingkat desa/kelurahan.


Editor: Deni Supriatna
Sumber: Chanel YouTube Skretariat Kabinet

Deni Supriatna

Kontributor Jarrak Pos Kota Bandung

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: