BeritaDaerah

Para Guru Honorer Menagih Janji Bupati Nina – Lucky Saat Kampanye Pilkada.

Indramayu.Jarrakposjabar.com.Banyak cara untuk meraih simpati rakyat pada masa pemilihan, entah itu pemilihan anggota DPR RI/DPRD President, Gubernur, Wali kota/ Bupati atau kuwu sekalipun. Pada saat itu rakyat atau masyarakat ibarat dewa yang di sanjung sanjung, dibujuk, dipenuhi segala kebutuhannya untuk dapat meraih simpati dan pada akhirnya diajak untuk memilih dirinya.

Pesta Pilkada telah usai namun sejumlah PR (pekerjaan Rumah) menanti bupati Indranayu terpilih Nina Agustina dan Lucky Hakim.

Banyak janji janji politik yang harus segera diselesaikan, kini telah lewat 100 hari sudah sejak beluau di lantik oleh gubernur Jawa Barat di Bandung, masyarakat menanti jargon jargon misi yang di usung yaitu” Perubahan”.

Sektor pendidikan pun tidak luput dijadikan isu sentral dalam menaikkan angka IPM yang menempati rengking 3 terendah se Jawa Barat. Kaum pendidik pun atau kaum guru dari semua lapisan khususnya yang honor akan di berikan tunjangan Rp.1.500.000,/bulan oleh pemerintah daerah Indramayu.

Seperti keluh resah guru SD yang telah mengabdi 10 tahun dari kecamatan Kroya Amrin mengatakan dirinya telah mengabdi selama 10 tahun menjadi guru honorer dengan upah yang sangat memprihatinkan dan jauh dari kata layak yaitu sebesar Rp.500.000,/bulan itupun bila dana BOS dari pemerintah cair dan lancar, untuk menutupi kebutuhan sehari hari dirinya ngojek motor pangkalan. Mendengar akan diberi tunjangan bila Nina -Lucky terpilih dirinya tidak ragu untuk memilih pasangan tersebut karena diyakini akan membawa perubahan yang signifikan,” tuturnya.

Lain cerita dengan Ida.S salah satu guru honorer yang ada di SMP Jatibarang menuturkan ,” dirinya lebih dari 7 (tujuh) tahun mengabdi di sekolah yang ada di Jatibarang untuk membantu suami dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga. Ida mulai mengajar dari pada tahun 2003 akhir dengan bayaran Rp.200.000,- per bulan . Ida mengharapkan agar nasib guru honorer lebih diperhatikan oleh bupati Indramayu, apalagi bupati Indramayu telah menjanjikan akan memberikan bantuan dana buat guru honor Rp.1.500.000,/bulan kita mengharapkan engga usah muluk muluk dengan Rp.1.000.000,- per bulan saja kami semua rasa bersyukur ya mekanismenya terserah ibu bupati saja, pokoknya tolong perhatikan nasib guru honor ini dari mulai tingkat Madrasah, Tk, SD, sampai SMP sederajat saja karena tingkat SMA/ SMK sudah masuk ranah provinsi,,”tegasnya.

Lain hal nya dengan Sobarin seorang guru SD yang mengajar di daerah Tiris mengatakan,” saya berprasangka baik saja, kalau memang betul guru honorer di kasih dari Pemda melalui bupati saya syukuri saja, kalau tidak diberi ya namanya juga orang mau dipilih bagai mana caranya saja supaya masyarakat tertarik maka dihembuskanlah program itu, tapi yang jelas seorang itu bila berjanji bukan hanya janji pada orang lain tetapi, janji pada diri sendiri, dan berjanji pada Tuhan atau allah sekalian alam jadi jangan di buat main main , atau angin sorga belaka karena kelak apa yang kita ucapkan, perbuat itu akan diminta tanggungjawabnya.

Sementara itu ketika ditanya pada salah satu kasie dinas pendidikan yang tidak mau disebut namanya mengatakan jumlah guru honorer untuk tingkat SD(Sekolah Dasar) sejumlah hampir diangka 4000 orang, sedangkan guru SMP yang honor diangka 2500 orang jadi bisa dibayangkan berapa jumlah uang yang harus dikeluarkan setiap bulannya kalau setiap guru honor mendapat bantuan Rp.1.500.000, dan dari mana sumber dana anggarannya pihak dinas pendidikan tidak tahu menahu, mangga tanya sama ibu bupati langsung,” paparnya.

Memang masalah janji janji kampanye sudah hal yang dianggap lumrah, dalam arti semua itu kalau dananya, namun semua itu kalau berkaca dari hukum agama merupakan ciri ciri orang munafiq apalagi itu dilakukan oleh calon pemimpin hendaknya nilai moral dan agama itu harus diterapkan dalam setiap aspek kehidupan berbangsa dan bernegara agar kita dapat menjadi pemimpin yang amanah!!!!

 

 

Sumber : Jarrakpos Official
Laporan : Wahyu Jarrak Pos Indramayu
Editor : Kurnia

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: