BeritaKab bandung

Gebyar Vaksinasi COVID-19 Tahap Satu Bagi Lansia Sukses Dilaksanakan Di Kecamatan Cicalengka.

KAB.BANDUNG.Jarrakposjabar.com.  Gebyar vaksinasi covid-19 tahap satu dengan target maksimal 200 orang untuk lansia dan masyarakat umum hari ini dilaksanakan di kecamatan cicalengka, Senin (7/6/21) Kabupaten Bandung.

Kepala Puskesmas sawah lega Iwan Rahmawan menjelaskan kegiatan vaksinasi untuk lansia dan masyarakat kali ini yang di gagas dari kepolisian berdasarkan intruksi Polri dan Polda, Polresta melalui polsek sebagai penyelenggaranya dimana antusiame masyarakat yang luar biasa.


BACA JUGA: Wakil Wali Kota Khawatir, Kasus Covid-19 Naik dan BOR Jadi 79,9 Persen

“Kita bisa liat dari sasaran kita 200 orang yang hari ini di vaksin itu hampir seratus persen lolos vaksinasi,” kata Iwan.

Menurut Iwan, kegiatan vaksinasi untuk lansia dan masyarakat umum yang di gagas kepolisian targetnya mencapai 150 orang, adapun yang tidak di vaksin hanya ada sekitar 10 orang karena ada riwayat penyakit dan ada hal yang tidak memungkinkan bagi penerima vaksin.

“Kita melakukan regulasi terbaru yakni pemeriksaan awal verifikasi atau screnning dokter setelah dinyatakan lolos baru dilakukan vaksinasi, adapun yang tidak lolos karena comorbid atau saat kondisi nya tidak baik jadi hal itu tidak diloloskan,” tambahnya.

BACA JUGA: Wali Kota Bandung Prihatin Dengan Keputusan Menteri Agama Atas Pembatalan Ibadah Haji 2021

Vaksinasi yang di laksanakan di kecamatan cicalengka hari ini yang bertugas dari pihak kesehatan ada sekitar 14 orang yakni puskesmas cicalengka 7 orang dan puskesmas sawah lega juga 7 orang serta peran TNI dan Polri.

“Saya sangat bangga kepada para petugas kesehatan, TNI, Polri, serta peran masyarakat yang sudah melakukan vaksinasi hari ini sangat antusis,”ucap iwan.

BACA JUGA: Perkuat Akses Informasi Pelayanan Publik, Kemenkumham Siapkan Database Melalui SIPP

Ditemui ditempat yang sama, Kepala polisi sektor (Kapolsek) Cicalengka, Kompol Aep Suhendi menyampaikan gebyar vaksinasi covid-19 yang dilaksanakan di kecamatan cicalengka merupakan perintah dari pimpinan secara menyeluruh.

“Kita mendapat perintah dari pimpinanan yakni, Pada Sabtu (5/6/21) agar hari Senin (7/6/21) dilaksanakan gebyar vaksinasi untuk warga masyarakat di kabupaten Bandung, adapun target masing-masing Polsek punya target berbeda sesuai koordinasi dengan pihak kesehatan,”ujar Aep.

Menurutnya, untuk cicalengka sendiri pelaksanaan vaksinasi hari ini dengan target sekitar 200 orang.

BACA JUGA: Menkes Canangkan Vaksinasi COVID-19 Bagi Kaum Disabilitas

“Target sebagian merupakan lansia dengan pengantarnya dan sebagian lagi ada dari keluarga Polri juga,”imbuhnya.

Selain itu, Aep juga menerangkan dalam pelaksanaan vaksinasi tahap satu ini berhasil mencapai maksimal 95 persen dengan melakukan koordinasi yang baik dengan kepala Puskesmas Sawah lega.

“Insya Allah dengan hasil koordinasi yang baik gebyar vaksinasi hari ini berhasil mencapai 95 persen,” ungkapnya.

BACA JUGA: Jokowi Tinjau Langsung Vaksinasi Massal Di Kepulauan Riau.

Aep juga mengharapkan, dengan adanya gebyar vaksinasi ini mudah-mudahan menjadi motivasi bagi masyarakat lain tidak ada lagi istilah takut dengan vaksin ataupun parno dari vaksin.

” Ini adalah salah satu bukti untuk masyarakat bahwa vaksin itu aman dan tujuannya memang untuk kesehatan tetapi setelah divaksin masyarakat tetap dan wajib mengutamakan protokol kesehatan,” paparnya.

Ia pun menegaskan terkait pengawasan pelaksanaan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Skala Mikro (PPKM Mikro), juga bisa berjalan dengan baik dengan sinergitas TNI-POLRI dan kepala Desa.

“Saya berharap peran Bhabinkamtibmas, Babhinsa dan kepala Desa sebagai garda terdepan di desa masing-masing menjadi peran utama dalam pencegahan penyebaran virus Covid-19,” harapnya.

BACA JUGA: BREAKING NEWS. Kemenkumham Jamin Bantuan Hukum Bagi Petugas LP Penanganan Napi Teroris.

Terakhir dengan nada pesan yang sama, Camat Cicalengka H. Entang menyampaikan bagi penerima vaksin hari ini tetap menjaga protokol kesehatan dengan tidak berkerumun, menjaga jarak dan memakai masker.

” Saya harapkan semuanya tetap mengikuti aturan dan himbauan pemerintah utamakan Protkes 3M dan rajin mencuci tangan dengan bersih,” tandasnya.


Editor/Penulis: Deni Supriatna.

 

 

 

Deni JP Jabar

Kontributor Jarrak Pos Kota Bandung

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: