BeritaDaerah

DISPARBUDPORA Kab. Cirebon Menyelenggarakan Seleksi Pemuda Pelopor tahun 2021.

CIREBON. Jarraposjabar.com-Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olah Raga (DISPARBUDPORA) melalui Kepala Bidang Kepemudaan menyelenggarakan kegiatan Seleksi Pemuda Pelopor tingkat Kab. Cirebon Tahun 2021 di Hotel Koening Jln. Tuparev No. 85 Cirebon, Kamis 3/6/21

Seleksi Pemuda Pelopor di ikuti oleh 40 peserta yang berasal dari 40 Kecamatan yang masing-masing rata-rata berusi 16-30 tahun.

Para pesertanya dipilih dari kaum millennial yang memiliki potensi kepeloporan di lima bidang diantaranya yaitu:
1.Bidang Kepeloporan Pendidikan
2. Bidang Kepeloporan, Agama Sosial dan Budaya
3. Bidang Kepeloporan Pengelolaan Sember Daya Alam dan Pariwisata
4. Bidang Kepeloporan Pangan
5. Bidang Kepeloporan Inovasi dan Teknoligi

Rangkaian acara di buka oleh Kepala DISPARBUDPORA, Ir. H. Avip Suherdian,MT.

Dalam sambutannya Avip mengatakan, Pemuda adalah rangkaian dari masa depan Bangsa yang secara berjenjang akan menjadi generasi penerus Bangsa.

Apa lagi sekarang adalah memasuki dunia digital yang secara kasat mata pemuda akan dihadapkan dengan persaingan Global yang penuh tantangan.

Dalam menghadapi tantangan tersebut Pemuda harus di beri peluang seluas-luasnya agar pemuda dapat mengambil peran serta dalam pembangunan di segala aspek kehidupan masyarakat, sehingga pemuda dapat menumbuh kembangkan kepeloporan dalam kepemudaan yang berkewalitas agar bisa menjawab segala tantangan jaman,”tutur Avip.

Avip mengatakan, dengan pelatihan ini diharapkan, kita bisa membentuk Nation And Character Building yang dapat mengatasi segala persoalan sosial kepemudaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, pungkasnya.

Sementara itu, Kabid DISPARBUDPORAH. Masdi, M.M.Pd selaku Kabid Bidang Kepemudaan mengatakan, acara ini sudah berjalan dua hari yang direncanakan enam hari, tiga hari pelaksanaan seleksi, tiga hari pencarian fakta (Fact Finding).

Hal ini di lakukan untuk mengetahui apakah ke lima bidang ke juruan pilihan peserta tersebut benar keberadaanya di lapangan dan di akui atau tidak oleh masyarakat setempat,” ujarnya.

“Ada 15 orang yang nantinya akan diteruskan terjun kelapangan untuk mengetahui akurasi kejuruan yang di pilih oleh masing-masing peserta.

“Setelah di lakukan Fact Finding, team seleksi akan melakukan penilaian yang akan di bawa ke sidang pleno untuk menentukan 3 pemenang yang pentas menjadi pemuda pelopor yang kelak bisa menjadi duta pelopor kepemudaan ditingkat Provinsi maupun Nasional,”terang Masdi.

Lebih lanjut Masdi menjelaskan, Target dari seleksi Pelopor Kepemudaan ini adalah menggali potensi yang bertujuan agar para pemuda yang menjadi pemenang bisa meneruskan sebagai leaders training of trainer (ToT) bagi pemuda-pemudi yang ada di Kab. Cirebon.

Dan diharapkan dapat mengikuti seleksi pelopor kepemudaan di tingkat nasional sebab tahun lalu Kab Cirebon dapat meraih juara 2 bidang inovasi teknologi, dan di harapkan kedepan kita bisa meraih juara kembali,”pungkasnya.

 

 

Sumber: Jarrakpos Official
Pewarta: Hadi Supangat
Editor: Kurnia

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: