BeritaDaerah

Audensi LSM KCBI Dengan Pemda Cirebon Gagal, Sekda Terkesan Menghindar.

CIREBON.Jarrakposjabar.com. Agenda audensi LSM KCBI PW Jawa Barat dengan Pemda Kab. Cirebon di ruang Setda yang rencananya di laksanakan hari ini Kamis tanggal 27 Mei 2021 gagal dilaksanakan.

Kegagalan tersebut disebabkan pihak-pihak yang terkait dan diminta hadir dalam audensi tersebut tidak bisa hadir, dan hanya dihadiri oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sugeng Raharjo beserta jajaran Dinas tersebut.

Ketua KCBI PW Jawa Barat Doni Suroto Kusnadi mengatakan,” Audensi di maksudkan ingin menanyakan tentang adanya temuan kejanggalan dalam proses persyaratan uji publik dalam rencana pembangunan Gardu Transmisi tenaga listrik sebesar 500 KV yang dalam pelaksanaannya meliputi 5 Kecamatan di Wilayah Timur Cirebon (WTC) yang salah satu diantaranya menggunakan sebagian tanah adat masyarakat Desa Blender Kecamatan Karang Wareng.

Kejanggalan tersebut di dalam proses uji publik dalam daftar administrasi LH dan SKKLH Desa Blender tidak masuk ke dalam sekema rencana pembangunan, namun pada faktanya di dalam dokumen fatwa rencana ijin lokasi ada tandatangan dari masyarakat Desa tersebut,” Beber Doni.

“Padahal proyek yang di kerjakan oleh PT Tanjung Jati Power Company adalah proyek pembangunan strategis Nasional.

“Proyek setrategis Nasional harusnya memiliki kekuatan hukum, agar tidak berdampak sosial bagi masyarakat setempat,”ujar Doni.

Untuk itulah KCBI bermaksud meluruskan agar tidak ada pelanggaran hukum dalam pelaksanaannya,,”terang Doni.

Audensi yang seharusnya di hadiri oleh Bupati Cirebon, Ketua Komisi II DPRD Kab. Cirebon , Sekda Kab. Cirebon, Kadis DPMPTSP, Kadis LH, Kadis PUPR, Kadis Pertanian, Kadis DPKPP, dan Kepala Kesatuan Pol-PP, namun mereka tidak hadir tanpa ada konfirmasi, padahal jauh-jauh hari pihak KCBI telah mengajukan permohonan audensi ke pihak Pemda yang diharapkan melalui Bupati Cirebon bisa di fasilitasi.

Semetara itu ketidak hadiran Bupati CIREBON Drs. H. Imron. M.Ag beralasan sedang menghadiri acara pengarahan dari Presiden RI Joko Widodo bersama Wakil Gubernur Jawabarat yang di hadiri oleh Bupati/Wali Kota se-Jawa Barat di Istana Bogor.

Ketidak hadiran Sekda tidak jelas apa sebabnya, ketika Jarrakposjabar.com mencoba menghubungi via seluler dan WA tidak diangkat, dan tidak ada balasan terkesan menghindar dari persoalan yang ingin ditanyakan, padahal ini sangat penting agar publik tidak bertanya-tanya dan tidak menjadi bola liar.

 

Sumber :Jarrakpos Official
Pewarta : Hadi Supangat
Editor : Kurnia

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: