BeritaNasional

Tidak Ada Tindak Lanjut Hasil Audensi Dengan Pemkab Cirebon, LSM KCBI PW Jabar Mengirim Surat Kepada Presiden

CIREBON,Jarrakposjabar.com.com. Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Kemilau Cahaya Bangsa Indonesia (LSM-KCBI) Pimpinan Wilayah (PW) Jawabarat Doni Suroto Kusnadi mengirim surat kepada Presiden Republik Indonesi Ir. H. Joko Widodo di Istana Merdeka, Selasa 18/5/21.

Pengiriman surat kepada Presiden Republik Indonesia tersebut sebagai laporan terkait tidak adanya tindak lanjut dari hasil audensi yang telah dilaksanakan di Dinas Lingkungan Hidup (LH) dan Dinas BPPT/PMPTSP terkait dengan rencana pembangunan Gardu Transmisi tenaga listrik 500KV oleh PT. Tanjung Jati Power Company yang berdasarkan Fatwa Izin Lokasi sebagian lahannya berlokasi di Desa Blender Kec. Karang Wareng yang dianggap masih menyisakan masalah, dan masalah tersebut tidak kunjung di selesaikan oleh Pemkab. Cirebon.

Dalam uji publik Desa Blender Kec. Karang Wareng tidak masuk ke dalam sekema rencana Pembangunan Gardu Induk transmisi, namun pada kenyataannya dalam fatwa izin lokasi Bupati Cirebon mengeluarkan surat izin lokasi yang salah satu bagian lokasinya terletak di Desa Blender.

Padahal masyarakat Desa tersebut tidak pernah dilibatkan dalam proses uji publik, namun dalam data persyaratan administrasi ada tandatangan masyarakat Desa Blender.

Dalam isi suratnya KCBI menuliskan adanya dugaan mal administrasi yang dilakukan oleh oknum tertentu yang menimbulkan adanya dugaan pelanggaran hukum.

Dengan dasar temuan tersebut, maka Ketua KCBI PW Jawabarat Doni Suroto Kusnadi dalam rangka melakukan pendampingan kepada masyarakat Desa Blender, kemudian melakukan audensi dengan Dinas Lingkungan Hidup (LH) pada Hari Kamis tanggal 29 April 2021, dan berlanjut audensi dengan Dinas PMPTSP pada Hari Selasa tanggal 4 Mei 2021.

Pada audensi di Dinas PMPTSP tersebut disepakati akan segera diadakan duduk bersama dengan Dinas LH, masyarakat Desa Blender dan KCBI setelah mengetahui mis persoalannya, yang pada saat audensi tanggal 4 Mei 2021 di janjikan oleh Sugeng Raharja Kadis PMPTSP akan dilaksanakan secepatnya yaitu minggu depan (sebelum Hari Raya Idul Fitri-red), namun hingga sampai saat ini setelah Hari Raya Idul Fitri usai belum juga ada realisasinya.

Hal ini yang kemudian mendorong Ketua KCBI PW Jawabarat Doni Suroto Kusnadi untuk melaporkan kepada Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo, kamis 20/5/21.

“Oleh sebab tidak ada tindak lanjut sesuai yang di janjikan, maka kami mengirim surat kepada Presiden Jokowi agar permasalahan ini segera cepat di selesaikan, sehingga pemerintahan di Kab. Cirebon bisa kondusif,” Ujar Doni.

“Kami melakukan hal ini demi kondusifitas di Kab. Cirebon, jangan sampai dengan adanya permasalahan ini Kab. Cirebon menjadi tidak kondusif,”Pungkasnya.

 

Sumber : Jarrakpos Official
Editor : kurnia
Laporan : hadi supangkat

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: