BeritaDaerah

Pemindahan 6 Narapidana, Kalapas Meminta Pengamanan ketat Kepada Kapolres Sukabumi.

Lembaga Permasyarakatan Kelas IIB Sukabumi

SUKABUMI, Jarrakposjabar.comDalam upaya Pemindahan 6 (enam) orang Narapidana dengan pertimbangan keamanan dari Lapas Kelas IIB Sukabumi ke Lapas Kelas IIB Warungkiara.

Tim Pemeriksa Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat tiba di Lapas Kelas II B Sukabumi untuk  untuk melakukan pemeriksaan sebagai tindak lanjut dari hasil temuan kegiatan penggeledahan yang dilaksanakan oleh tim Satopspatnal Lapas Kelas II B Sukabumi pada malam sebelumnya. Kegiatan yang dilaksanakan Pada, Sabtu, (8/5/21) pukul 12.00.


BACA JUGA: Pemberian Remisi Di Hari Raya Idul Fitri, Kalapas Shalat Idul Fitri Bersama Jamaah Di Lapas Sukamiskin.

Kalapas Kelas II B Sukabumi, Christo Victor Nixon Toar menyampaikan sudah berkoordinasi dengan Kapolres Sukabumi Kota untuk memohon bantuan dukungan keamanan sebagai langkah antisipasi potensi gangguan keamanan yang mungkin terjadi  dari pemeriksaan terhadap WBP yang terindikasi melakukan pelanggaran yang akan dilakukan Tim Pemeriksa Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat.

Lapas Kelas IIB Sukabumi melakukan kegiatan ini dilaksanakan sesuai SOP pemindahan Narapidana, dan tetap memperhatikan Protokol kesehatan pencegahan dan penanggulangan Covid-19.

Kita sudah melakukan koordinasi dengan Kapolres Sukabumi Kota pada pukul 13.00 untuk memohon bantuan dukungan keamanan sebagai langkah antisipasi potensi gangguan keamanan yang mungkin terjadi  dari pemeriksaan terhadap WBP yang terindikasi melakukan pelanggaran yang akan dilakukan Tim Pemeriksa Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat. “kata Cristo.

BACA JUGA: KPK Dan Polri Berhasil Tangkap Tangan Bupati Nganjuk Dalam Kasus Jual Beli Jabatan.

Cristo juga menyampaikan tim  pemeriksa divisi pemasyarakatan kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum-Ham) Jawa Barat. Pelaksanaan pemeriksan terhadap WBP yang terindikasi melakukan pelanggaran mulai dari pukul 13.00 WIB sampai dengan pukul 17.30.

Berdasarkan hasil pemeriksaan yang telah dilaksanakan, Tim Pemeriksa Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat merekomendasikan untuk dilakukan pemindahan terhadap WBP yang telah diperiksa, “ungkap Kalapas.

BACA JUGA: Lapas Kelas IIB Sukabumi Gelar Deteksi Dini Gangguan Kamtib Di Kamar Hunian WBP

Sementara itu, Cristo menyampaikan dalam pelaksanaan kegiatan pemindahan Narapidana dimulai pada pukul 20.30 WIB, dengan urutan sebagai berikut.

Pengambilan 6 (enam) orang WBP yang akan di pindahkan oleh petugas Lapas dan Tim Pemeriksa Divisi Pemasyarakatan Kanwil Jabar.

Penggeledahan badan 6 (enam) orang WBP yang akan di pindahkan.

Pelaksanaan Swab Test Anti Gen Covid-19 oleh Tim Medis Lapas Sukabumi.

Pengambilan Sidik Jari dan pencocokan data WBP yang akan di Pindahkan.

Pemasangan borgol terhadap WBP yang akan di pindahkan.

WBP dimasukkan kedalam Kendaraan Tahanan untuk diberangkatkan ke Lapas Kelas IIB Warungkiara.

Pemberangkatan WBP yang akan dipindah ke Lapas Kelas II B Warungkiara pada pukul 21.20.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan pengawalan melekat dari petugas Lapas Kelas IIB Sukabumi sebanyak 5 (lima) orang dan dibantu oleh 2 (dua) orang Anggota Sabhara Polres Sukabumi Kota.

BACA JUGA: Pemusnahan Barang Hasil Razia Lapas Kelas II B Cianjur Periode 2020

Rombongan tiba di lapas Kelas II B Warungkiara pada pukul 22.30.

Kegiatan ini dilaksanakan sesuai SOP pemindahan Narapidana, dan tetap memperhatikan Protokol kesehatan pencegahan dan penanggulangan Covid-19. Kegiatan berjalan dengan lancar, aman dan terkendali., “tutup Kalapas.


Editor: Deni Supriatna

Deni JP Jabar

Kontributor Jarrak Pos Kota Bandung

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: