BeritaDaerah

Koperasi “Mina Usaha bersama” mendapatkan bantuan Excavator dari Kementrian Kelautan dan Perikanan”.

Indramayu.Jarrakposjabar.com.Dalam rangka memenuhi target nasional di dalam peningkatan hasil budidaya perikanan dan menggali potensial daerah pesisir dalam hal budidaya perikanan Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia melalui melalui Dirjen Perikanan Budidaya KKP RI oleh Direktur Kawasan dan Kesehatan Lingkungan pada tahun anggaran 2020 memberikan bantuan untuk Koperasi Produsen ” Mina Harapan Bersama” berupa 1 (Satu) unit Excavator di desa Pabean Ilir Kecamatan Pasekan Kabupaten Indramayu Rabu (05/05/21).

Hadir dalam acara tersebut perwakilan dari Dirjen Perikanan Budidaya KKP Dedi Suryanto ST, Bupati Indramayu Nina Agustina, Asda 2 Pemda Indramayu Maman Kostaman, Plt Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Edi Umaedi SP, Anggota DPR RI dari komisi IX Ono Surono ST, Wakil Ketua DPRD Indramayu H.Sirojudin SH, Camat Pasekan A. SYaefudin AS, Danramil Pasekan Kapten Inf Sudiyanto, perwakilan Polsek Pasekan Aiptu Edi S, mantan Kuwu Pabean Ilir Nasito,, Ketua PCNU Indramayu, H. Juhadi Muhamad, Ketua Koperasi Mina Harapan Bersama H. Dastir, anggota H. Sunaryo dan H. Ito Gomi serta para tokoh masyarakat desa Pabean Ilir.

Dalam sambutannya perwakilan Dirjen Perikanan Budidaaya KKP RI Dedi Suryanto ST, mengatakan,”Kementrian Kelautan dan Perikanan memiliki tugas yang cukup penting di Priode tahun 2020 – 2024 yaitu menaikan tangkapan produksi udang 2,5 kali lipat ditahun 2024 yang kami terima sehingga kami harus melakukan survai di daerah mana saja yang memiliki potensi potensi baik SDM maupun SDA yang layak, karena kami memiliki data Indramayu merupakan daerah yang memiliki areal tambak yang cukup luas diatas 10.000 hektar dan kecamatan Pasekan memiliki. 363 hektar.

Proses bantuan Excaavator ini berdasarkan usulan dari koperasi kepada kami, kemudian persyaratan yang masuk dilakukan idenfikasi, verifikasi dan baru kemudian diberikan, selain itu tidak lepas dari usaha kawan kawan di DPR RI yang mengakomodir aspirasi masyarakat, harapannya dengan diberikan bantuan ini dapat berdampak pada peningkatan hasil budidaya perikanan, dan kami juga berterima kasih kepada tim dari Diskanla Indramayu sehingga proses administrasi cepat di selesaikan dan ini merupakan bantuan yang pertama diberikan di Kabupaten se Indonesia, semoga dengan bantuan ini dapat bermanfaat untuk kepentingan masyarakat,”paparnya.

Sementara itu Bupati Indramayu Nina Agustina dalam sambutannya mengatakan,” terima kasih kepada Kementrian Kelautan dan Perikanan atas bantuan Excavator yang diberikan khususnya untuk masyarakat desa Pabean Ilir melalui Koperasi ” Miina Harapan Bersama” semoga bisa bermanfaat serta menaikan hasil produksi perikanan, mudah mudahan ada bantuan lain untuk Kabupaten Indramayu kedepan lebih banyak lagi,” tegasnya.

‌Menurut Plt Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Edi Umaedi SP saat di minta tanggapan atas bantuan Excavator ini menjelaskan,”apa yang sudah di inginkan dan diusulkan oleh masyarakat sudah di berikan, semoga bantuan ini dapat bermanfaat, dapat dipergunakan serta kedepan koperasi ini harus dapat membuktikan penggunaan serta perawatannya dengan baik agar dapat bertahan lama, program ini merupakan program dari Kementrian Kelautan dan Perikanan dengan melihat potensi daerah itu sendiri, dan pemberian bantuan Excavator ini sangat cepat hanya memakan waktu kurang lebih 4 bulan dari proses pengajuannya dan pengajuan itu sendiri gratis tidak di pungut biaya apapun,” tambahnya.

Pemerintah selalu berusaha memberikan bantuan yang terbaik sesuai kebutuhan warga masyarakat, namun perlu diperhatikan tata kelola dan penggunaan Excavator tersebut harus sesuai usia penggunaan jangan sampai baru beberapa tahun atau bulan sudah rusak karena perawatannya yang kurang baik.

Perlu ditekankan bahwa Excavator ini diberikan untuk aktivitas seluruh warga masyarakat Pabean Ilir dan sekitarnya jadi jangan sampai penggunaannya hanya buat kelompok dan kalangan tertentu saja dan yang lebih penting lagi adalah harga sewa harus lebih murah dari tempat lain(jangan ditonjolkan komersilalismenya) serta proses administrasinya tidak bertele tele!!!.

Sumber : Jarrakpos Official
Laporan : ‌Wahyu Jarrak Pos Indramayu..

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: