DaerahKab. Kuningan

2112 Orang Ikuti Vaksinasi Massal Di GOR Ewangga Kuningan

Kuningan, Jarrakposjabar.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan melaksanakan vaksinasi Covid 19 secara massal dengan target sasaran 2112 orang yang terdiri dari pegawai PLN, PDAM, PDAU, Samsat, Baznas, Kemenag, BPJS, PT Pos, Jurnalis/Wartawan, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Pedagang Pasar Baru dan Pedagang Pasar Kepuh di Gedung Olah Raga (GOR) Ewangga (Selasa, 16/03/2021).

Jadwal pelaksanaan vaksinasi secara massal tahap pertama ini dibagi dua waktu, pukul 08.00-10.00 untuk kalangan pegawai pegawai PLN, PDAM, PDAU, Samsat, Baznas, Kemenag, BPJS, PT Pos, Jurnalis/Wartawan, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) kabupaten Kuningan berjumlah 1112 orang dan pukul 11.00-14.00 untuk 1000 orang untuk para Pedagang Pasar Baru dan Pedagang Pasar Kepuh.

Ditemui di lokasi acara vaksinasi, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan, dr. H. Susi Lusiyanti mengatakan bahwa kegiatan vaksinasi massal sebanyak 2112 orang yang sekarang terlaksana dipriorotaskan untuk pegawai PLN, PDAM, PDAU, Samsat, Baznas, Kemenag, BPJS, PT Pos, Jurnalis/Wartawan, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) serta para pedagang di pasar. Mengingat kegiatan mereka berhubungan dengan pelayanan masyarakat dan banyak interaksi antar sesama sehingga memerlukan vaksinasi.

Kadis Susi menerangkan sebetulnya tiap hari pihaknya mengadakan vaksinasi (pemberian vaksin covid 19) di tiap UPTD Puskesmas kecamatan masing masing dengan target 1000 orang baik dari perangkat desa dan masyarakat. Kadis Susi beralasan sentralisasi kegiatan pemberian vaksin untuk pedagang dilaksanakan di GOR Ewangga untuk  menyatukan dan membuat petugas nyaman bekerja tidak mengganggu aktifitas di pasar. Para pedangan pasar tidak memiliki tempat yang representatif kalaupun di gelar di area pasar akan membuat kerumunan dan penumpukan massa luar biasa.

Pegawai PT. POS Kuningan saat mengikuti Vaksinasi Massal Di GOR Ewangga (Foto : Agh@n)

“ Alhamdulillah, sejak mulai kegiatan tadi pagi berjalan lancar tidak ada kendala, semua terkendali atas kerjasama semua pihak. Hari ini dilaksanakan kegiatan Vaksinasi secara massal di GOR Ewangga dengan total 2112 orang terdiri dari pegawai bumd/bumn, insan media dan para pedangang di kabupaten Kuningan. Diadakan sentralisasi karena para pedagang tidak punya tempat yang representatif, kalo di paksakan di pasar akan membuat kerumunan dan penumpukan masyarakat yang luar biasa.” Ucap Kadis Susi

Pantauan awak media jarrakpos.com dilapangan, pelaksanaan vaksinasi massal tahap pertama 16 Maret 2021 melibatkan tenaga kesehatan dari 12 UPTD PUSKESMAS dibawah komando Dinas Kesehatan kabupaten Kuningan. Calon peserta vaksin sudah berkumpul di luar gedung GOR Ewangga dengan berbaris mengumpul sesuai instansi masing masing. Para peserta akan dipanggil oleh petugas sekitar 2-4 orang sesuai meja instansi registrasi yang sudah disiapkan. Didalam GOR sebelum masuk ke lapangan, berderat meja registrasi yang disiapkan petugas, di meja ini petugas akan mendata dan meregistrasi identitas peserta sesuai KTP.

Di lapangan GOR Ewangga, peserta di arahkan ke meja pemeriksaan dan pengecekan tensi darah dan riwayat kesehatan peserta vaksin, petugas akan menanyakan tentang riwayat kesehatan peserta seperti apakah pernah kontak dengan penyintas covid 19, apa memiliki gejala dan penyakit ganas lainnya. Setelah itu, peserta menuju meja penyuntikan vaksin oleh petugas, terakhir peserta mendatangi meja pencatatan hasil vaksin dan peserta diberikan hasil vaksin dan sertifikat vaksin covid19 yang dikim melalui pesan sms ke nomor hp peserta. selanjutnya peserta vaksin akan di berikan dosis vaksin di tahap kedua pada tanggal 30 maret 2021 berikutnya.  (agh@n)

Editor : Lie

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: