KARAWANG, JarrakposJabar.com– Ratusan Bakal Calon Kepala Desa (Balon Kades) pada Pilkades serentak di Kabupaten Karawang Maret 2021 mendatang, pada Selasa (23/2) mengikuti tahapan ujian tertulis yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Karawang.

Sementara itu, ujian tertulis Balon Kades yang berasal dari Lima wilayah kecamatan berlangsung di gedung SMPN 1 Rawamerta.

Agus Sumantri, Selaku Panitia tim Ujian Tertulis mengatakan bahwa Balon Kades yang mengikuti ujian tertulis jumlahnya mencapai 104 orang. Ujian tertulis tersebut mengacu pada tahapan Pilkades dan dalam pelaksanaannya dibagi menjadi Enam wilayah. Hal itu dilakukan guna menghindari terjadinya kerumunan peserta ujian.

“Ujian tertulis bagi peserta bakal calon kepala desa ini, hasilnya untuk  mengikuti tahapan Pilkades selanjutnya,” ujarnya.

Masih menurut Agus, bahwa materi ujian tertulis Balon Kades yang digelar secara serentak pada hari ini di Enam wilayah  mencakup tentang Desa, Wawasan umum serta Materi keagamaan. Sedangkan selaku pemberi materi ujian tertulis tersebut, pihak DPMD Kab. Karawang bekerjasama dengan salah satu perguruan tinggi di Karawang, yakni dari UBP (Univeraitas Buana Perjuanga) Karawang.

“Dipilihnya UBP sebagai pemberi ujian tertulis karena mereka sudah berpengalaman soal Undang-undang No.06 Tahun 2014 Tentang Desa dari sebelumnya,” imbuh Kabid PUEM DPMD Kabupaten Karawang tersebut.

Sementara itu, salah seorang Balon Kades Desa lemah Karya Kecamatan Tempuran, yang ikut serta mengikuti ujian tertulis mengatakan proses ujian tertulis bagi dirinya sudah berjalan dengan lancar, karena Ia sudah mempersiapkan diri sebelumnya.

“Alhamdulillah, saat mengikuti ujian tertulis semua dapat berjalan lancar. Lumayan, isinya tentang kewarganegaraan, kebanyakan pelajaran anak SMP,” ujar Anita suryani, Amd. (Jhokun )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here