BeritaDaerah

Puskesmas Balongan Lebih Utama Menjalankan Keterbukaan Dan Akuntable

Indramayu. Jarrakposjabar.com. Puskesmas sebagai lembaga pemerintah yang memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakatnya dituntut siap siaga, terbuka dan akuntable dalam pengelolaannya.

Demikian halnya yang dilakukan oleh Puskesmas Balongan menurut Kepala Puskesmas Sohekah Nurdiani SKM MM yang ditemui diruang kerjanya mengatakan,” keberadaan Puskesmas yang terletak didaerah penyanggah kota Indramayu yang berjarak 3 Km dan termasuk dalam areal pemukiman yang padat serta kawasan industri Pertamina harus mampu siap siaga dan akuntable dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sekitar kecamatan Balongan.

Ditahapan 1 pemberian Vaksinisasi sudah diberikan kepada vaksin 31 tenaga kesehatan dari jumlah seluruhnya 33 tenaga kesehatan sedangkan yang tertunda 2, ini disebabkan sakit dan pernah terkena Covid.

Selain itu ada tenaga kesehatan dari klinik sentra medika yang telah di vaksin 8 orang dari jumlah keseluruhan berjumlah 40 orang.

Untuk jumlah penderita covid-19 per bulan Febuari berjumlah 16 orang dan sudah ditangani dengan baik untuk sosialusasi penanganan Covid dan bencana alam.

Dilain pihak puskesmas Balongan bekerjasama dengan unsur Muspika Balongan serta aparat desa se kecamatan Balongan tidak henti hentinya melakukan peringatan siaga bencana, artinya di musim penghujan ini dihimbau kepada semua warga masyarakat untuk tetap melakukan prokes secara maksimal serta mencermati jumlah debit air yang mengalir kealiran sungai sungai.

Untuk mengakses informasi yang di butuhkan oleh warga masyarakat terkait pelayanan kesehatan dipersilahkan kepada semua warga masyarakat untuk bertanya kepada petugas kesehatan yang ada di puskesmas Balongan atau melalui bidan desa yang ada ditempat masing masing,kami semua akan bersikap terbuka dalam pelayanan kesehatan, ” paparnya.

Karena informasi yang benar harus berasal dari sumber yang terpercaya, dan ini merupakan program Puskesmas Balongan saat ini,” papar kapus Balongan.

Jika informasi yang diberikan itu baik dan diberikan oleh semua petugas Puskesmas bukan berdasar pada statment pimpinan semata maka Puskesmas tersebut sudah melakukan akuntabilitas kepada publik buka tertutup terserah pada pimpinan semata, karena sekarang ini bukan zamannya lagi, tetapi keterbukaan yang bertanggungjawab dan tidak terpusatlah yang dikatakan Puskesmas itu baik. Wahyu Jarrak Pos Indramayu.

Sumber : Jarrakposjabar
Editor : Kurnia
Pewarta : Wahyu Jarrakpos

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: