BeritaDaerah

Tutup Giat Latihan Potensi SAR Kerja Sama Antara  Kodam III/ SLW dengan Basarnas Ta. 2021. Ini harapan Pangdam III/Siliwangi.

SUMEDANG, Jarrakposjabar.com Pangdam III/Slw Mayjen TNI. Nugroho Budi Wiryanto didampingi Kasdam III / Slw Brigjen TNI. Kunto Arief Wibowo. Tutup giat pelatihan SAR Tahun Ajaran 2021 yang bekerja sama Kodam III/SLW dengan Basarnas Kota Bandung. Di Waduk Jatigede Dusun Cisema. Desa.Paku alam Kec. Darmaraja Kab.Sumedang.”Sabtu (6/2/21) Jawa Barat.

Secara geografis wilayah Kodam IlI/Siliwangi yang meliputi Provinsi Banten dan Jawa Barat memiliki tingkat kerawanan yang tinggi terjadinya musibah dan bencana alam, baik di perairan laut, danau, waduk, sungai, maupun daratan yang bergunung dan berbukit.

Giat Latihan Potensi SAR Kerja Sama Antara Kodam III/ SLW dengan Basarnas Ta. 2021.”Sabtu (6/2/21) Sumedang. Jawa Barat. 

Musibah banjir, longsor dan bencana alam gempa bumi sangat rentan terjadi bahkan bisa terjadi hampir setiap tahun di wilayah Kodam III/Siliwangi.

BACA JUGA: Membuka pelatihan SAR di Yonif Raider 301/Prabu Kiansantang,Ini harapan Pangdam III/Siliwangi. 

Pangdam III/Slw Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, mengatakan keadaan ini menuntut kesiapan dan kesiagaan dari seluruh pihak berkepentingan termasuk Basarnas dan potensi SAR yang ada di wilayah,terutama di daerah rawan bencana dalam mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana dan bergerak cepat melakukan pencarian dan pertolongan bila sewaktu-waktu terjadi musibah dan bencana.

BACA JUGA: 6 dan 7 Februari 2021 Weekend nya dirumah saja, ini penjelasan Kang emil.

Saya berharap keberadaan para Peserta Latihan sebagai Kader Potensi SAR Kodam III/Siliwangi bisa menjalankan tugasnya dengan baik optimal dan profesional.” kata Pangdam III/Slw Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto.

BACA JUGA: DPC Partai Gerindra Karawang Merayakan HUT Ke-13, Ajang Supandi SH ” Perkuat Diri Membangun Negeri”

Semua kemampuan untuk menjalankan tugas tersebut telah ada dan dimiliki oleh para Prajurit sekalian hasil dari latihan yang telah dilakukan selama ini.” tambahnya.

Berkenaan dengan telah selesainya Latihan Potensi SAR.”Saya selaku Pangdam IIl/Sillwangi dan pribadi, menyampaikan ucapan selamat kepada para Peserta Latihan Potensi SAR Kodam IIl/Siliwangi atas kesungguhannya dalam melaksanakan kegiatan latihan yang dilaksanakan mulai tanggal 1 Februari 2021 yang lalu.

Jaga dan pelihara serta bina terus kemampuan dan keterampilan SAR, sehingga bila komando membutuhkan, kalian Siap untuk segera bergerak, “ujar Pangdam.

Kasdam III / Slw Brigjen TNI. Kunto Arief Wibowo. S.IP, menambahkan dengan berakhirnya Latihan ini, secara formal para peserta telah memiliki kualifikasi sebagai Kader Potensi SAR Kodam III/ Siliwangi yang siap untuk mengemban tugas pencarian dan pertolongan bila terjadi musibah dan bencana, serta terlibat langsung dalam operasi SAR yang dilaksanakan Basarnas, khususnya yang terjadi di wilayah Kodam III/Siliwangi.

BACA JUGA: Jajaran Polresta Bandung bersinergi Dengan Jajaran TNI, Satpol PP, dan Polsek Baleendah Melaksanakan Operasi Penerapan Protokol Kesehatan.

Perlu kiranya saya tekankan bahwa keberhasilan suatu program latihan bukan hanya diukur dari selesainya tahap latihan itu, tetapi bagaimana materi latihan itu mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Peserta Latihan, sekaligus dapat mengaplikasikannya di lapangan dalam melakukan tugas-tugas SAR di wilayahnya masing-masing.”kata Kasdam.

BACA JUGA: Kab.Bandung masuk Zona Merah dan perpanjang PPKM sampai 8 Februari 2021, ini penjelasan Letkol.Inf.Donny.

Sementara itu kepada Panitia Penyelenggara, Pelatih dan seluruh instruktur, serta semua pihak yang terlibat dalam kegiatan Latihan Potensi SAR Kodam Ill/Siliwangi dan Basarnas TA. 2021 ini, saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya atas kerja sama dan kebersamaannya, sehingga kegiatan Latihan dapat dilaksanakan dengan berhasil sesuai dengan program yang telah ditetapkan.

Semoga segala upaya kita dalam menyelengarakan kegiatan latihan ini dapat memberikan kontribusi berarti dalam menyiapkan kader potensi SAR dan mengantisipasi terjadinya musibah dan bencana yang terjadi di wilayah Kodam III/Siliwangi.“tegas Kasdam.

Terakhir, acara tersebut dihadiri oleh  Waasintel Kasdam III/Slw Letkol Inf M. Arif Gumelar, Waasops Kasdam III/Slw Letkol Inf Alfian. S.I.P, Waaster Kasdam III/Slw Letkol Kav Mujahidin, Wakahubdam III/Slw Letkol Chb Syahril Syam,  Wakabekangdam III/Slw Letkol Cba Sopyan Alaudin Tomagola Wakakesdam III/Slw Letkol Ckm. drg. Agus, Dandim 0610/ Sumedang Letkol Inf Zaenal Mustofa. S.E,. M.Si., Danyon R 301/Pks Mayor. Inf. Wahyu Alfiansya,  Kaops Polres Sumedang Kompol. Joko, Deputi Bidang Tenaga dan Potensi.Haris, Kepala Basarnas Bandung. Deden Ridwansah. S. Sos. Muspika kec. Darmaraja.

Sumber Berita: Pangdam III/SLW dan Kasdam III/SLW.
Editor/Penulis: Deni Supriatna

Deni JP Jabar

Kontributor Jarrak Pos Kota Bandung

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: