Indramayu Jarrakposjabar.com. Bertempat di kantor KPH Indramayu diadakan perjajjian kerja sama (PKS) Agroforesty dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) di lahan seluas 9.297 hektar dari 27 LMDH dengan jumlah anggota 9078 orang, berupa tanaman tumpang sari jenis komoditi padi, garam dan bandeng.

Hadir pada acara tersebut Administratur KPH Indramayu Asep Saepudin didampingi oleh Waka Administratur Ridwan Nur Anwar, kasi keuangan SDM & umum Maman Surachman , Tim Pengembangan Usaha, seluruh Asisten Perhutani beserta para ketua LMDH.

Dalam sambutannya Administratur KPH Indramayu Asep Saepudin mengatakan,” bahwa dengan adanya perjanjian kerja sama ini, semoga dapat memberikan manfaat bagi semua pihak, terus bersinergi, saling berkomunikasi dengan baik, sehingga apa yang sama sama kita harapkan bisa tercapai dalam meningkatkan penghasilan dan menjaga agar hutan tetap lestari.

Perhutani juga sangat pengakomudir keinginan masyarakat melalui LMDH atau usaha usaha yang dilakukan dalam memanfaatkan lahan di kawasan hutan, dengan tujuan Perhutani ingin memberikan kesempatan kepada masyarakat dalam rangka mendapatkan penghasilan dari usaha di kawasan hutan.

Yang selanjutnya ada manfaat yang lainnya misalnya tanaman herbal yang saat ini sedang di galakkan oleh Perhutani tentunya dengan tetap melibatkan masyarakat desa hutan dalam pelaksanaannya,” ujarnya.

Perlu di ketahui semoga kepercayaan yang telah di berikan oleh Perhutani kepada masyarakat penggarap untuk tidak di alihkan kepada pihak lain, karena di duga ada oknum oknum yang sengaja memperjual belikan lahan garapan tersebut, padahal tujuan Perhutani ingin membantu masyarakat dalam penghasilan tambahan, sehingga dampaknya banyak penggarap di luar wilayah atau daerah Indramayu yang banyak menanti lahan garapan tersebut ,” tambahnya.

Sementara salah seorang perwakilan LMDH Karwita mengatakan,” sangat berterima kasih kepada Perhutani KPH Indramayu yang telah memberikan kepercayaan kepada LMDH yang ada di Indramayu, tentunya dengan adanya kerjasama ini(Agroforesty) semoga dapat meningkatkan pendapatan Perhutani, LMDH dan Masyarakat, agar dapat menjaga amanah yang diberikan demi hutan tetap lestari.

Bila semua sudah menyadari fungsi dan tugas masing masing serta selalu diciptakan keterbukaan serta melibatkan peran serta masyarakat maka tidak ada lagi perbedaan yang timbul di antara kita semua, dan yang lebih penting lagi bahwa musyawarah merupakan solusi penyelesai masalah terbaik untuk bangsa Indonesia ini. Wahyu Jarrak Pos Indramayu.

 

Sumber : Jarrakposjabar
Editor : Kurnia
Pewarta : Wahyu Jarrakpos

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here