8 Maret 2021

Perumdam “Tirta Darma Ayu” Tidak Menangani Limbah Endapan Secara Baik!!

2 min read

Indramayu.Jarrakposjabar.com.Perusahan yang baik, adalah perusahaan yang selalu memberikan kontribusi buat masyarakat sekitarnya.

Perumdan “Tirta Darma Ayu” perusahaan daerah di Indramayu yang memiliki otoritas yang sangat luas dan vital dalam memenuhi kebutuhan air bersih di kabupaten Indramayu.

Namun sangat disayangkan ada keteledoran yang dilakukan oleh bidang teknis produksi dimana air limbah bekas pengendapan proses sterilisasi di buang begitu disaluran lingkungan masyarakat.

Jelas hal ini sangat merugikan masyarakat sekitar dimana pada musim hujan seperti saat ini aliran sungai pembuangan banyak mengandung endapan lumpur dari mulai belakang RS (Rumah Sakit ) MM sampai Jalan Tanjung Pura tepatnya sampai kompleks perumahan BTN lama.

Menurut Kepala Bidang Teknis Jojo dalam keterangannya saat berodiensi dengan perwakilan penduduk mengatakan,”bahwa lumpur yang ada di saluran penduduk tersebut pada dasarnya sudah tidak pernah diurus sejak 10 tahun yang lalu.

Disamping itu pula pihak Perumdam “Tirta Darma Ayu”telah membuat kolam pembuangan yang lokasinya dekat dengan persawahan penduduk yang kadang kala dijebol untuk mengairi persawahan dan tidak pernah di tutup lagi dan sempat mengakibatkan banjir.

Disamping itu Perumdam “Tirta Darma Ayu”juga kemarin dengan bantuan pihak kodim dan memakai alat berat Beko melakukan pengambilan endapan lumpur cuka kita ada kendala dana sehingga tidak sampai tuntas ke jl.Tanjung pura di mana disana ada aktifitas penduduk dalam perdagangan yang menutupi aliran saluran pembuangan dan bila ini dilakukan maka akan menimbulkan gesekan antara Perumdam dengan penduduk tersebut”,ujarnya.

Pada kesempatan odensi dengan perwakilan masyarakat di hadiri oleh Humas Perumdam Budhi S dan Saeful, media Jamal( Radar Indramayu), Ester (Metro Indonesia) dan kabid Teknis Jojo dan ade, serta menghasilkan kesepakan
1. Pengurasan saluran irigasi akan melibatkan penduduk/ Karang Taruna,
2. Akan adanya kordinasi dengan pihak terkait yaitu KLH, PUPR, Kimrum, kecamatan, dan masyarakat sekitar.
3 Pembuangan air limbah berupa endapan Lumpur akan di kelola dengan baik tanpa banyak mengandung lumpur.

Bila semua permasalah di selesaikan dengan duduk bersama serta dirundingkan dengan kepala dan hati yang dingin akan menghasilkan pemecahan yang baik.

Perlu kita sadari bersama bahwa permasalahan tersebut langsung tidak langsung ada andil kita di dalamnya, dan kita tidak perlu saling menyalahkan dalam permasalahan ini.Wahyu Jarrak Pos Indramayu.

Sumber : Jarrakpos News
Editor : Kurnia
Pewarta : Wahyu Jarrakpos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *