Bencana AlamBeritaDaerah

Luar biasa!! 7 Korban ditemukan dihari ke10, KakanSar: Korban ke 39 terjepit reruntuhan bangunan.

Doc: Jarrakposjabar.com

SUMEDANG,jarrakposjabar.comTim SAR Gabungan berhasil temukan 7 korban di hari ke-10  di sektor 2 tepatnya di titik longsoran pertama terjadi “Senin (18/1/21) Cimanggung. Kabupaten Sumedang,

Jumlah total korban yang meninggal ada 40 orang dengan data pada hari, Minggu (17/1/21) Jumlah korban meninggal ditemukan jumlahnya 32 orang dan di hari ke 10 Tim SAR berhasil temukan 6 Korban dan menjadi 38 orang sedang penemuan korban longsor ke 39 saat ini sudah terlihat dan masih proses dimana ada kendala korban ke 39 terjepit  reruntuhan bangunan, sehingga tinggal 1 korban lagi dalam pencarian.

6 korban yang ditemukan hari ini di sektor 2 tempatnya dilokasi longsoran pertama jaraknya tidak berjauhan dan masih dalam satu rumah dan saat ini  1 korban sudah keliatan tinggal  proses karena memang sedikit terjepit akibat reruntuhan bangunan jadi total penemuan korban meninggal hari ini menjadi 7 orang, dan mudah mudahan 1 korban terakhir juga  tidak jauh disekitar situ sehingga pencarianpun tuntas malam ini karena cuaca juga sangat mendukung,”kata Deden Ridwansyah KakanSar Kota Bandung.

Semua korban  yang ditemukan dan berhasil di evakuasi langsung di bawa ke puskemas Sawah Dadap untuk dilakukan identifikasi oleh tim DVI Polda Jabar.

Total jumlah pencarian di hari ke-10 jumlahnya menjadi 39 dan 1 korban terakhir dalam pencarian.”Senin (18/1/21)

Dari awal kita mau masuk ke sektor 2 sangat sulit karena banyak material yang harus di bersihkan terlebih dulu ditambah lagi cuaca kurang mendukung akibat turun hujan selain itu kondisi tanah masih labil dan pencarian korban juga berada di bawah potensi ancaman susulan karena ada beberapa titik retakan dilokasi longsor.”tambahnya.

Deden juga menjelaskan, pencarian korban terakhir di malam hari seperti ini tentunya sudah kita  analisa kemudian patokan cuaca serta fisik dari rekan- rekan operator alat berat yang sangat luar biasa dari hari pertama sampai saat ini mendukung pelaksanaan pencarian korban longsor juga harus di kondisikan.”tambahnya.

Sementara itu, Besok kita akan melakukan evaluasi pukul 08:00 WIB diposko utama di hadiri oleh seluruh stakeholder terkait mengevaluasi tentang kegiatan yang sudah di laksanakan dan kalau kemungkinan yang 1 korban ini belum bisa di temukan malam ini  tentunya pada saat kami melakukan evaluasi yang lain tetap melakukan pencarian.

Tetapi mudah mudahan  malam ini juga tuntas sehingga besok pelaksanaan evaluasi tentunya rekan-rekan yang lain tidak sedang dalam melaksanakan pencarian itu harapannya dan untuk evaluasi besok akan kita laksanakan dari awal hingga akhir dan tentunya banyak hal-hal yang  perlu diperbaiki untuk selanjutnya menyingkapi jawa barat tangguh terhadap bencana.”imbuhnya.

Terakhir, Sesuai tugas kami di pasal UU 29 Tahun 2014 tugas kami adalah mengkoordinasi jalanya pelaksanaan pencarian dan pertolongan  jadi setelah selesai tidak adalagi ada lagi korban maka kami nanti  akan mengevaluasi dan kami akan pamit ke insident komender bahwa tugas pelaksanaan kami sudah selesai.”tandasya.

Deni JP Jabar

Kontributor Jarrak Pos Kota Bandung

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: