8 Maret 2021

Aliran Sungai Cimanuk Meluap Menimbulkan Banjir Di Beberapa Daerah Di Indramayu

2 min read

Indramayu.Jarrakposjabar.com. Sungai Cimanuk yang berhulu di kabupaten Garut dan melintasi kota Sumedang, Majalengka dan bermuara di Kabupaten Indramayu mulai hari Jum’at Subuh terus meluap dan menggenangi beberapa desa yang berada aliran sungai Cimanuk mulai dari Kenanga, Arahan, Pecuk, Rambatan Wetan, kenanga dan mulai Jum’at Sore mulai menggenangi desa Babadan, Pagirikan, Brondong dan Karang anyar Ilir kecamatan Pasekan Indramayu.

Menurut Dartawi salah seorang penduduk desa Pagirikan mengatakan:” dirinya dan beberapa keluarga yang lain sudah terbiasa mengalami banjir kiriman seperti ini karena tanah dan rumah yang ditempati sekarang ini berada di daerah bantaran sungai.

Walaupun pemerintah daerah sudah sering kali meminta untuk pindah tapi dirinya dan keluarga yang lain tidak mau, kalau di katakan takut ya terus terang sangat takut apalagi banjir kiriman ini terjadi malam hari”, paparnya.

Sementara itu Kecamatan Pasekan berusaha meminta bantuan ke BPDB Indramayu agar mengirimkan 1500 kantong karung dan mendirikan pos tenda darurat di lokasi dan Muspika Pasekan langsung turun meninjau ke lokasi dan siaga di kantor kecamatan Pasekan.

Menurut Camat Pasekan A.Syaefuddin AS menjelaskan ada beberapa faktor yang mendukung banjir ini : 1.Sungai mengalami pendangkalan. 2.Sampah yang menumpuk di aliran sungai. 3. Besarnya debit air yang mengalir di dari daerah lain. 4. Tidak adanya kesadaran dari masyarakat agar jangan mendirikan rumah di daerah bantaran sungai. 5. Tidak adanya pengerukan aliran sungai Cimanuk dan anak sungai cimanuk oleh dinas/ instansi terkait.

Kita seharusnya sadar dengan lingkungan tempat tinggal kita, dengan cara merawat, melestarikan dan perduli pada kelestarian lingkungan tidak perlu saling menyalahkan ataupun menjastifikasi dirinya yang paling benar, penanganan Covid itu penting tetapi jauh lebih penting untuk mencegah bencana alam itu terjadi, bukan baru bergerak setelah bencana menelan korban jiwa. Wahyu Jarrak Pos Indramayu.

 

Sumber : Jarrakpos News
Editor : Kurnia
Pewarta : Wahyu Jarrakpos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *