Indramayu.JarrakPos.com. Dalam rangka memberikan pengenalan Jurnalistik dan Hukum pada Petani hutan. LMDH BPKPH ( Lembaga Masyarakat Desa Hutan Bagian Kesatuan Pemangku Hutan Indramayu bekerja sama dengan IWO Indramayu yang bertempat di aula kantor BKPH Indramayu.

Hadir pada acara tersebut LMDH dari Cemara losarang dan mantri kehutanan daerah Cemara Losarang.Sebagai nara sumber yaitu Tomi Indra Priyanto dari Indramayu com dan Adi Iwan Mulyawan dari Advokat .

Dalam pemaparannya Tomi Indra.P mengatakan,”Petani hutan harus melek Informasi dengan cara mampu memanfaatkan perkembangan teknologi Informasi untuk publikasi baik melalui media elektronik, maupun cetak sebagai sarana promosi produk yang dihasilkan sehingga diminati masyarakat baik untuk kalangan masyarakat Indramayu maupun Nasional ataupun Internasional.

Karena di era pasar bebas ini, petani hutan desa cemara harus dapat bersaing dan mempertahankan mutu produk yang dihasilkan ditengah pertumbuhan ekonomi yang sangat lambat ini jadi kita tidak usah takut bersaing dengan yang lain.

Disamping itu Tomi juga memberikan tentang tugas, fungsi serta kode etik wartawan. Sementara Adi Iwan M lebih jauh menjelaskan aspek hukum dan mengatakan setiap pekerjaan memiliki resiko, termasuk petani hutan apalagi mereka yang mendapatkan dana suntikan dari pemerintah itu resiko yang dihadapi sangat besar disamping harus memiliki legalitas yang sah, juga dituntut transparan dalam laporan keuangannya dan harus menunjukkan perkembangan yang positif bukan telah mendapat bantuan dana dari pemerintah selesai begitu saja tanpa ada pertanggungjawabannya.

Sebagai contoh : bila kita mendapat bantuan alat pertanian kemudian alat itu rusak begitu saja tanpa di rawat dengan baik ataupun sampai dijual hal itu jelas telah melawan hukum dan bisa dituntut ke pengadilan”tegasnya.

Menurut Sekertaris Poktan Putra Kombayan desa Cemara Wetan, Abdul Ajid mengatakan kegiatan yang diselenggaran ini banyak manfaat yang diperoleh, baik dari segi hukum serta penggunaan teknologi dalam memasarkan prodak tanpa harus susah payah, cukup dengan genggaman hp saja kita bisa memasarkan produk kita dan lebih efisien lagi disamping itu kami tidak perlu takut lagi bila ada oknum wartawan yang berbuat sewenang wenang,”tuturnya.(Wahyu Jarrak Pos Indramayu)

Sumber : Jarrakpos News
Editor : Kurnia
Pewarta : Wahyu Jarrakpos

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here