Kab. Kuningan

Diguyur Hujan Hitungan Jam, Tanggul Jebol Dan Jalan Amblas Terbelah; Warga Diharap Waspada

Kuningan, Jarrakposjabar.com – Hujan yang mengguyur kabupaten Kuningan menyebabkan beberapa daerah terkena dampaknya, seperti pergeseran tanah (longsor), air sungai meluap bahkan  mengakibatkan jalan amblas terbelah lebar.

Seperti di Desa Jabranti kecamatan Karangkancana, akibat hujan deras, Tanggul Penahan Tanah (TPT) di Rt 01 Rw 01 ambruk sepanjang 20 meter (Selasa, 29/12/2020). Dengan sigap Babinsa Jabranti, Serda Ilham Wahyono melakukan penanganan dengan berkoordinasi petugas BPBD Kabupaten Kuningan atas longsornya TPT tersebut

“ Untuk menutup TPT yang jebol itu, kami membuat penahan tanggul yang terbuat dari karung diisi tanah. Kemudian, karung tersebut disimpan dibagian tanah yang terkikis,” kata Serda Ilham.

Babinsa TNI Desa Jabranti Serda Ilham Wahyono memantau langsung TPT yang jebol akibat hujan deras (Selasa, 29/12/2020)

Petugas gabungan setelah mengetahui TPT poros jalan desa ambruk sepanjang 20 meter segera menutup bagian yang longsor bagian upaya penanganan di lapangan. Longsornya TPT poros jalan tidak terdapat korban jiwa, hanya ditaksir terdapat kerugian materil sebesar RP. 20.000.000

Sementara di tempat lain, di Dusun Wage RT 07/04 Desa Cigedang Kec Luragung, pada pukul 16.00 WIB jalan penghubung Luragung-Ciwaru amblas terbelah sepanjang 15 meter dengan lebar 1 meter. Kejadian tersebut tidak memakan korban jiwa namun mengakibatkan lalu lintas sekitar lokasi menjadi terhambat dan hanya bisa dilalui oleh roda dua (motor). Untuk kendaraan roda empat (mobil) tidak bisa melewati mengingat tanah labil masih bergerak.

Mengantisipasi dampak lalu lintas yang terhambat, Anggota TNI dan masyarakat sekitar langsung menutup akses jalan dan mengatur lalu lintas yang lewat. (AS)

Editor : LIe

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: