BeritaDaerah

Jalan Rusak Di Terowongan Kereta Api Sindanglaut Menimbulkan Kemacetan Panjang Ratusan Kilometer

Cirebon, jarrakposjabar.com-Terjadi kemacetan panjang hingga kurang lebih satu kilo meter di terowongan kereta api jalan raya kanci arah Cipeujeuh wetan, tepatnya di jalan terowongan kereta perbatasan antara Desa Mertapada dan Desa Cipeujeuh Wetan, Senin 21/12/20. Pkl 7:00 wib.

Kemacetan tersebut sering terjadi karena rusaknya jalan akibat diterjang banjir dan kendaraan Bus serta kendaraan bermuatan material bangunan seperti pasir dan arugan tanah yang banyak lalu lalang melewati jalan tersebut.

Jalan tersebut adalah jalan kabupaten, satu-satunya jalan Cirebon Timur menuju Ciledug, sehingga arus kendaraannya sangat padat.

Menurut Dewi Permata Sari atau yang akrab di sapa Dewi umur 27 tahun, salah satu warga BTN Sindanglaut Rt 15 Rw 04 mengatakan, kejadian kemacetan ini sering terjadi pada saat pagi dan sore di karenakan adanya arus kendaraan orang berangkat kerja dan pulang kerja,”terang Dewi.

“Kemacetan ini terjadi karena rusaknya jalan akibat di terjang banjir, dan padatnya arus kendaraan,”tutur Dewi.

Dewi heran, mengapa pemerintah tidak berpikir membangun secara permanen, misalnya di gali sedalam satu meter, kemudian dibeton setebal 1 meter, serta drainase di benahi agar tidak terjadi genangan air dan kerusakan jalan lagi.

Masih menurut Dewi” jika tidak di gali dan di beton, seharusnya pemerintah berpikir innovation dengan membangun flyover di atas jalan rel kereta untuk mengurai kemacetan,”kata Dewi.

Dewi berharap pemerintah segera membangun flyover di atas jalan kereta, sebab keterlambatan arus ekonomi di Cirebon timur bagian selatan salah satunya adalah akibat adanya terowongan, sehingga arus ekonomi terhambat yang berdampak kepada lembatnya kemajuan daerah di Cirebon Timur, bagian selatan”tuturnya.

“Kendaraan toronton untuk mengangkut hasil industri besar tidak bisa melewati jalan tersebut, sehingga investor enggan menanamkan modalnya di wilayah Cirebon timur bagian Selatan, karena arus kendaraan bersekala industri kesulitan melewati terowongan tersebut,”kata Dewi.

Padahal secara giografi, Cirebon timur bagian selatan sangat potensi untuk dijadikan daerah industri, karena sangat dekat dengan jalan tol dan adanya potensi lainnya. Dan inilah salah satu penyebab munculnya wacana pemekaran cirebon ,timur” pangkasnya.

 

Sumber : Jarrakpos News
Editor : Kunia
Penulis : HD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: