Cirebon.Jarrakposjabar.com. Saat ini banyak sekali berita-berita bohong alias hoaks yang tumbuh subur dan terus-menerus menyebar tanpa ada batas.

Hebatnya lagi, penyebarannya bahkan sampai masuk ke dalam berbagai segi kehidupan yang dapat memicu gagalnya program dan pelakasanaan kebijakan pemerintah khususnya dalam penanganan pandemi Covid-19.

Untuk itu diperlukan peran dari masyarakat untuk mensosialisasikan dan meliterasi isu-isu positif terkait berbagai kebijakan pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 seperti mensukseskan kebijakan Protokol Kesehatan dan rencana program vaksinasi nasional.

Atas latar belakang tersebut, Media Kata Indonesia aksi literasi konten narasi positif didukung dengan acara live podcast pada Senin (7/12) dalam upaya mendukung suksesnya kebijakan protokol kesehatan dan program vaskinasi nasional demi keberhasilan penanganan pandemi Covid-19.

Pemimpin redaksi Kata Indonesia Hafyz Marshal mengatakan bahwa peran masyarakat menjadi sangat penting dalam Suksesnya penanganan pandemi Covid-19.

“Selain disiplin Protokol Kesehatan, Peran masyarakat yang lain saat ini adalah mensukseskan berbagai program dan kebijakan dalam penanganan Covid-19 melalui aksi literasi dan edukasi disiplin protokol kesehatan serta program vaksinasi nasional” kata Hafyz.

Sementara itu, Ketua Bidang OKK HIPMI Jawa Barat M. Abda’u Zaki Priyambodo menyampaikan bahwa perang melawan hoaks seputarbisu penanganan pandemi saat ini sama saja dengan perang melawan penyebaran Covid-19.

“Sama bahayanya (hoaks dan Covid-19), untuk itu ayo lawan hoaks dan konten negatif seputar kebijakan protokol kesehatan dan vaksinasi nasional lewat literasi edukasi konten positif” ujar Zaki.

Lebih lanjut, narasumber live Podcast berikutnya yang juga sekaligus Puteri Indonesia Provinsi Jawa Barat Tahun 2020 dr. Jeanatasia Kurnia Sari mengimbau agar masyarakat dan generasi muda agar melawan hoaks seputar vaksinasi.

“Jangan mudah percaya dengan informasi yang tidak valid seputar vaksinasi, Vaksinasi aman, karena program Vaksinasi serta melaksanakan Disiplin Protokol Kesehatan merupakan Solusi Suksesnya Pencegahan Penyebaran Covid-19” kata dr Jeanatasia.

Sebelum pelaksanaan live Podcast, media Kata Indonesia bersama elemen masyarakat dengan warganet dan kalangan milenial juga melskukan gerakan aksi literasi melalui penyebaran konten positif di media sosial demi mendukung kebijakan protokol kesehatan dan vaksinasi nasional dalam rangka suksesnya Penanganan Covid-19.

Setelah bincang online Podcast berlangsung, dilanjutkan dengan pembacaan deklarasi gerakan warganet dan kalangan milenial Kota Bandung bersama elemen masyarskat lainnya sebagai komitmen mendukung pelaksanaan protokol kesehatan dan suksesnya program Vaksinasi nasional. Adapun beberapa poin deklarasi tersebut sebagai berikut,

Pertama, Siap menjaga Persatuan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila Dan Undang – Undang Dasar 1945 Serta Kebhinekaan.

Kedua, Siap meningkatkan kolaborasi berbagai kalangan melalui aksi literasi narasi positif mendukung kebijakan pemerintah demi suksesnya disiplin protokol kesehatan dan program vaksinasi nasional menuju Indonesia yang sehat dan tangguh.

Ketiga , Siap bergotong royong melawan hoaks dan konten provokatif demi menciptakan kondusifitas di lini media publik demi suksesnya kebijakan Pemerintah membangun ketahanan dan kesehatan Masyarkat menuju Indonesia yang sehat dan tangguh.

Sumber : Jarrakpos News
Pewarta : HD
Editor : Kurnia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here