BeritaPendidikan

SMK N 1 Lelea Berada Di Pedesaan Prestasi Nasional

Indramayu.Karrakposjabar.com. Pemerintah sudah hampir 2 (dua) dasawarsa ini telah gencar membangun sekolah kejuruam yang berbasis pada kebutuhan tenaga kerja di bidang Industri.

Baik itu industri manufactur maupun industri berat, semuanya berpacu demi kebutuhan hidup masyarakat dan menumbuhkan industri dalam negeri yang mampu menghasilkan produk yang dapat bersaing dengan dunia luar.

Pemerintah mengeluarkan beberapa regulasi di bidang pendidikan, mulai dari perizinan, syarat legalitas hukum dan juga bantuan sarana dan prasarana untuk dapat menumbuhkan sekolah kejuruan yang dapat mencetak tenaga handal untuk memenuhi kebutuhan dunia industr.

Namun dalam perjalanannya banyak sekolah kejuruan yang tidak mampu untuk memenuhi peluang kebutuhan tersebut dengan berbagai macam alasan baik itu sekolah yang di dirikan langsung oleh pemerintah ataupun pihak swasta.

SMK N 1 Lelea yang awal pendiriannya hanya sebagai sekolah penyanggah kini telah berevolusi menjadi sekolah yang mampu menciptakan tenaga kerja yang handal dan mandiri sesuai kriteria standar industri nasional dan internasional.

Kini SMK N1 Lelea di bawah nahkoda yang baru Aip Saefudin yang revosioner memiliki 6 jurusan yaitu: tehnik pengelasan, tehnik kendaraan ringan, tata busana, tehnik komputer jaringan, multimedia dan otomasi Industri.

Saat di temui di SMK N 1 Lelea wakasek kesiswaan H.Arif mengatakan”Saat ini sekolah sedang menumbuhkan jiwa kewira usahaan yang handal dan kreatif yang berbasis pada kopetensi supaya siswa bisa survave dengan kemampuan yang dimiliki.

Salah satu cara adalah pembentukan program 30 star up tiap tahunnya agar siswa lebih unggul dan mempunyai kreatifitas dalam usaha.

Disamping itu pula sekolah selalu mengadakan penjajakan kerja sama dengan sekolah lain yang lebih maju dan unggul salah satunya dengan SMK N 6 Yogyakarta dan Kamandava yogyakarta.

Saat ini di samping sebagai kepala sekolah, Aip Saefudin juga menjabat sebagai C.E.O dan merupakan satu satunya kepala sekolah di Indramayu dengan jabatan tersebut.

Di samping itu pula kepala sekolah selalu mendukung anak anak yang mempunyai ide gila dalam berwirausaha seperti saat ini dibentuknya Cafe yang berada di depan sekolah,itu pengelolanya siswa dan guru hanya bertugas sebagai fasilitator kegiatan saja.

Dengan semboyan”SBS yaitu Sehat, Bahagia dan Sejahtera SMK N 1 Lelea walaupun berada di desa atau kampung tapi produk dari proses pendidikan siswanya tidak kalah dengan ibu Kota”ujarnya.

Dibidang eskul dan olah raga menurut pembina kesiswaan Endang Supardi mengatakan “SMK N 1 Lelea merupakan salah satu pencetak atlit baik tingkat kabupaten, Jawa Barat maupun Nasional.

Tentunya atlet pelajar terutama cabang Bola Voly Indoor dan Out door(voly Pasir), futsal, pencak silat ,atletik maupun kesenian, mereka selalu mengisi stok atlet yang dibutuhkan daerah Indramayu.

Jadi bukan omong kosong sekolah ini disamping mampu mencetak siswa yang memiliki ke ahlian akademik juga non akademik.

Apalagi program tahun sekarang ingin mencetak siswa yang memiliki semangat kewirausahaan yang handal pasti bukan tugas yang mudah untuk mewujudkannya” tegasnya.

Memang jika ada kemauan pasti ada jalan dan bukan perkara yang sulit kita bisa menunjukkan keinginan kita tergantung dari Leader ship dan kekompakan para warga sekolah mau tidak kita berlari dengan kencang demi gerakan yang stasioner dan drastis demi arah kehidupan yang lebih baik serta memiliki daya saing yang mumpuni.”Semangat”( Wahyu Jarrak pos Indramayu)

Sumber : Jarrakpos News
Editor : Kurnia
Pewarta : Wahyu Jarrakpos News

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: