8 Maret 2021

Menyambut Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) Perhutani dan Gerakan Pramuka Melakukan Penanaman Pohon

2 min read

Indramayu.Jarrakposjabar.com. Dalam rangka menyambut Hari Menanam Pohon Indonesja(HMPI) Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan(KPH)Indramayu menggandeng Saka Wanabakti(kwartil Gerakan Pramuka) Indramayu dan cabang dinas Kehutanan (CDK) IX kabupaten Indramayu.

Di acara itu dilakukan penanaman pohon di petak 67 resort pemangku hutan (RPH) pabean Ilir kecamatan Pasekan pada hari Sabtu(28/11/20).

Hadir pada kegiatan tersebut Administratur KPH Indramayu yang diwakili Asper(Asisten Perhutani) Heri Wahyono,beserta jajarannya, ketua Kwarcab Indramayu Yayan Mulyantoro, KCDK wilayah IX diwakili Musa Musaffa dan masyarakat desa hutan beserta kelompoknya.

Jenis pohon yang di tanam adalah bakau sebanyak 750 plcs, Mahoni 370 plcs, jati 250 plcs, albacia 90 plcs, dan ketapang 40 pcls disesuaikan dengan areal lahan yang akan ditanami.

Dalam keterangannya Heri Wahyono mengatakan “bahwa dengan bertambahnya pohon akan menambah jumlah oksigen yang di hasilkan dan hal ini sangat penting bagi kehidupan manusia.

Dengan menanam pohon dapat mengurangi bencana, seperti abrasi, banjir bandang dll, penanaman pohon juga merupakan bentuk keperdulian kita kepada alam sekitar dan ikut serta menjaga kelestarian lingkungan”ujarnya.

Sementara itu ketua Kwartil Pramuka Yayan Mulyantoro menyampaikan ucapan terima kasih kepada Perhutani dan CDK IX atas lokasi dan bibit,sehingga bisa melaksanakan penanaman ini dan semoga kerjasama ini dapat bermanfaat bagi kita semua “ujarnya.

Dengan kita menjaga kelestarian alam dengan menanam pohon maka akan terjaga habitat berbagai mahluk hidup yang ada pada ekosistem tersebut, selain kita menjaga keseimbangan alam, maka akan tumbuh nilai ekonomis yang bisa menjadi nilai tambah bagi masyarakat yaitu tumbuhnya obyek wisata alam yang murah, sehat dan ekonomis.

Jangan kita berpikir menanam pohon itu tidak ada gunanya sekarang tetapi semua yang kita lakukan buat generasi akan datang. (Wahyu Jarrak Pos Indramayu)

Sumber : Jarrakpos News
Editor : Kurnia
Pewarta : Wahyu Jarrakpos News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *