Sen. Okt 19th, 2020

Jarrak POS

Bersama Membangun Bangsa

Gubernur Jabar Ridwan Kamil Dukung Pengobatan Pasien Covid-19 Dengan Therapy Plasma di Kab. Cirebon

2 min read

Foto : Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Doc. Jarrakposjabar)

Cirebon, JarrakposJabar.Com — Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mendukung langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Cirebon dalam pengobatan pasien yang terkonfirmasi covid 19. Emil menuturkan, bahwa penggunaan terapi plasma dalam pengobatan covid 19, banyak menunjukkan keberhasilan.

Emil mengatakan, dalam pengobatan covid-19 memang banyak cara yang bisa digunakan. Namun menurutnya, yang terbukti dan teruji, adalah pengobatan dengan menggunakan terapi plasma darah. Bahkan dirinya juga menyaksikan sendiri, para penyintas dari anggota TNI yang banyak mendonorkan plasmanya, untuk kesembuhan yang lainnya.

Ia juga mengimbau kepada penyintas covid-19 di Kabupaten Cirebon, untuk bisa mendukung langkah yang sedang dilakukan oleh pemerintah daerah, dengan cara ikut menyumbangkan plasma darahnya. Hal tersebut sangat penting untuk mendukung kesembuhan dan menolong nyawa warga lainnya.

“Yang teruji dan terbukti saat ini, memang terapi plasma. Oleh karena itu, kami juga mengimbau kepada penyintas di Kabupaten Cirebon, untuk ikut mendonorkan plasmanya,” kata Emil.

Bupati Cirebon Drs H Imron M.Ag menuturkan, bahwa terapi plasma darah memang sudah dilakukan di Rumah Sakit Waled Cirebon. Ada dua pasien yang sedang mendapatkan terapi tersebut. Namun menurutnya, untuk saat ini, plasmanya didapatkan dari RSPAD Gatot Subroto Jakarta.

Foto : Terapi plasma dalam pengobatan Covid-19 (Doc. Jarrakposjabar)

Pihaknya juga akan berupaya untuk bisa memproduksi plasma darah sendiri, dengan menggandeng Palang Merah Indonesia Kabupaten Cirebon. Karena jika nanti Kabupaten Cirebon bisa memproduksi plasma sendiri, maka pengobatan yang diberikan kepada pasien yang terkonfirmasi covid 19, akan bisa lebih cepat lagi.
“Kita akan mengusahakan memproduksi plasma darah sendiri, dengan menggandeng PMI Kabupaten Cirebon,” ujar Imron.

Sementara itu, Ketua IDI Kabupaten Cirebon dr Fariz Malvi Zamzam Zein mengatakan, PMI Kabupaten Cirebon sangat mampu untuk memproduksi plasma tersebut. Menurut Fariz, PMI Kabupaten Cirebon, merupakan salah satu dari 15 PMI di Indonesia, yang memiliki sertifikasi untuk memproduksi plasma.

“PMI Kabupaten Cirebon sangat bisa untuk memproduksi plasma darah untuk pengobatan covid 19,” kata Fariz.

Fariz menyebutkan, bahwa fasilitas dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki oleh PMI Kabupaten Cirebon, sudah sangat mumpuni untuk bisa memproduksi plasma. Apalagi, terdapat juga ahli yang berkompeten dalam bidang plasma darah. Bahkan menurut Fariz, pihaknya akan siap memproduksi plasma darah dalam waktu dekat ini.

“Minggu depan mungkin inisiasi awal. Minimalnya kita bisa memproduksi 5-10 sampel dalam dua minggu kedepan,” ucap Fariz.

 

Pewarta : HD

Editor : Lle

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *