Sen. Sep 21st, 2020

Jarrak POS

Bersama Membangun Bangsa

Untuk Mendongkrak Pertumbuhan Ekonomi Triwulan ke Tiga, Bank Indonesia (BI) dan Pemda Cirebon Membangun Sinergitas

2 min read

(Doc. Jarrakposjabar)

Cirebon, JarrakposJabar.Com — Pemerintah Kabupaten Cirebon dan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Cirebon, melakukan pertemuan, untuk membahas pertumbuhan ekonomi pada triwulan ketiga ini.

Pertemuan ini, membahas sinergitas yang akan dibangun, untuk bisa menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang positif, pada triwulan yang ketiga ini.

(Doc. Jarrakposjabar)

Menurut Bupati Cirebon, Drs H Imron, M.Ag, Bank Indonesia siap membantu Pemkab Cirebon, untuk bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Salah satunya, yaitu dengan melaksanakan program peningkatan kapasitas.

“BI akan mendukung program kita, salah satunya yaitu terkait pemasaran produk milik UMKM secara digital,” kata Imron, Rabu 19 Agustus 2020.

Selain itu, Pemkab Cirebon juga saat ini sedang membenahi beberapa hal, untuk mempermudah investasi masuk. Imron mengatakan, pihaknya sudah bertemu secara langsung dengan Menteri Agraria, untuk membahas masalah tata ruang di Kabupaten Cirebon.

Pihaknya juga melibatkan ahli dari Institute Teknologi Bandung (ITB), untuk membuat pola ruang di Kabupaten Cirebon.

“Kita terus berusaha untuk mempermudah investasi masuk di Kabupaten Cirebon,” ujar Imron.

Selain terkait tata ruang, Imron menyebutkan, bahwa pihaknya juga sedang melakukan perbaikan dari internal. Karena menurutnya, evaluasi internal merupakan hal yang cukup penting.

Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Cirebon, Bakti Artanta menuturkan, bahwa pertemuan tersebut, membahas tetang optimisme pertumbuhan ekonomi pada triwulan ketiga ini.

Karena menurut Bakti, pada triwulan kedua lalu, pertumbuhan ekonomis secara nasional, mengalami penurunan hingga minus 5,3 persen. Sedangkan di Jawa Barat, pertumbuhan ekonominya yaitu, minus 5,89 persen.

“Sehingga kita harus optimis, pada triwulan ketiga ini, bisa positif,” tutur Bakti.

(Doc. Jarrakposjabar)

Bakti mengatakan, bahwa beberapa hal dibahas dalam pertemuan tersebut. Diantaranya adalah terkait inflasi, komoditas dan juga UMKM sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru.

Bupati juga ujar Bakti, sudah mengizinkan kepada pihaknya, untuk bisa berkolaborasi secara langsung, dengan dinas-dinas yang ada di Kabupaten Cirebon.

” Ini peluang yang sangat bagus. Semoga saja bukan hanya Kabupaten Cirebon yang berkembang, tapi juga wilayah lainnya,” kata Bakti.

Bakti mengaku sangat yakin, bahwa pertumbuhan ekonomi pada triwulan ketiga ini bakal positif. Hal tersebut didasari dari sudah tidak lagi diterapkannya Pembatasam Sosial Berskala Besar (PSBB).

Dengan sudah diterapkannya Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), diharapkan kegiatan ekonomi dimasyarakat lebih produktif dan berkembang.

“Selain produktif, kami berharap tetap menjaga keamanan dan kesehatan. Karena kalau tidak menjaga itu, nanti bisa kembali ke PSBB,” ucap Bakti.

 

Pewarta : HD

Editor : Lle

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *