Sel. Sep 29th, 2020

Jarrak POS

Bersama Membangun Bangsa

Komnas HAM RI Meminta Penyegelan Makam Milik Masyarakat Sunda Wiwitan Dicabut

2 min read

Kuningan, Jarrakposjabar.com – (Senin, 27/07/2020) Dalam keterangan pers dengan nomor : 031/Humas/KH/VII/2020 Tentang Pentingnya Pengakuan dan Perlindungan Hak Masyarakat Adat yang disiarkan oleh Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) RI. Kasus pengaduan penyegelan makam dan tugu Satangtung di Bok Curug Goong Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur milik Komunitas Sunda Wiwitan di tindak lanjuti.

Rilis pers nya yang diparaf salah satu Komisioner pada Hari Senin, tanggal 27 Juli 2020 oleh Beka Ulung Hapsara, Komnas HAM RI mengatakan akan menindaklanjuti pengaduan tersebut. Dan menyerukan dengan meminta keterangan kepada seluruh pihak, melakukan pemantauan dan penyelidikan lapangan terkait kondisi terakhir serta berdialog dengan stakeholders terkait.

Lokasi Makam Milik Masyarakat Sunda Wiwitan Yang Disegel Pemda Kuningan, Senin, 20/07/2020 lalu

Seruan tersebut ditujukan kepada Pertama, Bupati dan jajaran Pemerintah Daerah Kuningan untuk menghentikan segala bentuk proses penyegelan dan/atau pembongkaran Pesarean Curug Goong. Lalu Kedua, Meminta kepada aparat Kepolisian RI khususnya Polres Kuningan untuk menjaga keamanan daerah, mencegah kekerasan dan ujaran kebencian di wilayahnya serta bertindak tegas jika ada tindakan melawan hukum;

Selain itu seruan Ketiga, ditujukan kepada Presiden Jokowi dan meminta kepada atas nama Pemerintah Republik Indonesia untuk melindungi secara paripurna hak-hak konstitusional warga negara Indonesia tak terkecuali Komunitas Sunda Wiwitan khususnya hak kebebasan beribadah, berkeyakinan dan berekspresi.

Seruan Keempat, Komnas HAM RI meminta kepada semua pihak untuk mengedepankan dialog berdasarkan prinsip-prinsip kemanusiaan dan penghormatan hak asasi manusia sebagai dasar tindakan atau kebijakan.

“ Demikian keterangan pers ini disampaikan agar semua pihak mampu melindungi, menghormati dan menegakkan hak-hak konstitusional warga negara “ Ucap Beka Ulung Hapsara, Komisioner Komnas HAM RI dalam rilis pers. (AS)

Editor : LIe

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *