Pendidikan

Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Ponpes Al Amin Ajarkan Ketrampilan Kerja

Kuningan, Jarrakposjabar.com – (Rabu, 22/07/2020) Balai Latihan Kerja  (BLK) Komunitas Pondok Pesantren Al-Amin Desa Sindangjawa Kecamatan Cibingbin mengadakan Pelatihan Teknologi dan Informasi hari Senin (20/07/2020) kemarin dengan tema “Semoga Menjadi Bekal Menghadapi Tantangan Masa Depan.

Pelatihan dilakukan di workshop BLK, dan peserta nya terdiri dari putra putri berasal dari kalangan alumni dan masyarakat umum sekitar. Mayoritas peserta pelatihan adalah pencari kerja atau yang mau melanjutkan studi di perguruan tinggi.

Pengasuh Ponpes Al Amin Desa Sindangjawa Kecamatan Cibingbin, KH. Aminudin. SHI. MA mengatakan bahwa Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas berbasis pesantren ini merupakan bagian dari komitmen pembangunan kompetensi dan SDM warga di lingkungan pesantren yang jadi program unggulan Presiden Jokowi.

“ Alhamdulillah, di Kabupaten Kuningan BLK Komunitas beserta workhsopnya hanya ada 2 titik, salah satunya di Ponpes Al Amin ini. Adanya BLK Komunitas di lembaga pendidikan keagamaan, goal targetnya yakni santri/santriwati serta masyarakat, mempunyai akses dalam pelatihan keterampilan kerja yang sesuai dengan kebutuhan pangsa kerja lokal ” Tutur Kiayi Aam.

Peserta Pelatihan BLK Komunitas Ponpes Al Amin Desa Sindangjawa Kec. Cibingbin

Sementara menurut Ketua Yayasan Al Amin, H Ayip Syarifudin. Lc, menjelaskan lewat akun medsos nya, Insya Allah program kedepan akan dibekali dan memadukan metode kurikulum modern dan salafi, sehingga anak anak didik kita mampu ngaji kitab dan juga paham ilmu umum. Tentu yang diprioritaskan adalah akhlak nya.

“ Alhamdulillah di Ponpes Al Amin memiliki Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas, hasil program kerjasama dengan Kemnaker RI. Setahun ada 2 kali pelatihan juga diberikan perlatannya seperti seragam, dan alat tulis ” Ucap Ayip.

Sebagai informasi, program Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas merupakan unit pelatihan kerja yang diselenggarakan di lembaga keagamaan. Program ini berada dibawah kendali Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktifitas (Binalattas) Kementrian Ketenagakerjaan RI. Tahun 2020 pemerintah menargetkan 2.000 BLK Komunitas terwujud.

Adanya BLK Komunitas sebagai salah satu upaya pemerintah mendekatkan akses pelatihan vokasi kepada masyarakat sekitar pesantren berupa karakter, softskill sekaligus membekali keterampilan kepada lulusan pesantren. (AS)

Editor : LIe

 

 

 

 

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close
Close