Sel. Sep 29th, 2020

Jarrak POS

Bersama Membangun Bangsa

Komunitas Kandang Maca(n) Gaungkan Gerakan Literasi Bagi Kalangan Muda

2 min read

Kuningan, Jarrakposjabar.com – (Minggu, 19/07/2020) Tampak ada yang menarik perhatian di Open Space Gallery (OSG) Linggarjati, Cilimus, Kuningan. Diantara warga yang berolahraga, dan berjualan terdapat lapak buku-buku bacaan dengan berbagai jenis judul buku. Buku-buku ini bebas dibaca oleh siapapun tidak dipatok harga sewa bacanya.

Lapak bacaan buku ini dimiliki oleh Kandang maca(n). Kandang Maca(n) merupakan komunitas  peduli literasi yang digawangi 6 pemuda asal dari beberapa desa di Kuningan. . Wadah ini sebagai gerakan yang mengajak gemar literasi membaca dan bertujuan sebarkan virus positif membaca (buku cetak) di tengah masyarakat khususnya anak-anak muda.

Komunitas Kandang Maca(n) yang dipelopori anak-anak muda dari berbagai desa di Kuningan

Melihat fenomena yang ada di Kuningan, tampaknya gerakan literasi dan budaya membaca saat ini belum terlalu digemari oleh masyarakat khususnya anak anak muda. Hal ini menggugah jiwa sekelompok anak-anak muda dan membuat gebrakan dengan mendirikan Kandang Maca(n) yang menggalakan program perpustakaan berjalan yang menyediakan buku untuk di baca dan tidak diperjualbelikan.

“Kandang Maca(n) merupakan wadah gerakan literasi cinta membaca yang bertujuan mengajak masyarakat untuk membaca (buku cetak). Selain itu program ini untuk meningkatkan kapasitas literasi masyarakat, khususnya kaula muda di Kabupaten Kuningan “ Ucap Andrian Fahriana, engurus komunitas Kandang Maca(n)

Menurut Andrian,  ini program pertama yang digagas oleh komunitas, kegiatan akan dilakukan rutin tiap hari minggu pagi di Open Space Gallery (OSG) Linggarjati, Cilimus sedangkan minggu malam nya bertempat di Taman Cilimus (Tamcil).

Terlihat anak anak sedang membaca buku punya Kandang Maca(n) di Open Space Gallery Linggrajati (Minggu, 19/07/2020)

Koleksi sumber buku yang ada sementara terbatas masih urunan dari pengurus, hingga saat ini terdapat sekitar ratusan judul buku yang ada. Pesan dari gerakan literasi Kandang maca(n) ini yaitu mengajak kalangan muda masyarakat Kuningan gemar literasi.

” Kami mengajak masyarakat  Kuningan khususnya kalangan muda untuk bersama-sama mendukung dan ikut serta mengkampanyekan gerakan cinta membaca ini ” tambah Andrian. (mas)

Editor : LIe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *