Kam. Nov 26th, 2020

Jarrak POS

Bersama Membangun Bangsa

Pelaku Usaha UMKM Kuningan Ditatar Teknologi Digital Oleh Kemenkop UKM RI

2 min read

Tangkal pandemi di sektor usaha, Kemenkop UKM RI luncurkan Program e-Learning

Kuningan, Jarrakposjabar.com – Para pelaku usaha UMKM Kabupaten Kuningan diberikan Pelatihan Aplikasi Teknologi Digital dan Pembuatan Website oleh Kementrian Koperasi Dan UKM RI dalam acara Pemasyarakatan Kewirausahaan di Hotel Grage Sangkan, Desa Sangkanurip Kec. Cigandamekar (Sabtu, 04/06/2020).

Hadir dilokasi Bupati Kuningan H. Acep Purnama. SH. MH. Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan SDM, Kemenntrian Koperasi dan UKM RI, Talkah Badrus, dan Kepala Dinas Koperasi Perdagangan Dan Perindustrian (Diskopdagperin) Kab. Kuningan, Ir. H. Bunbun Budhiyasa.  Peserta terdiri dari para pelaku usaha umkm, pengurus Koperasi dari berbagai jenis. Peserta kegiatan  memakai sarung tangan, masker dan faceshield sesuai protofkol kesehatan.

Bupati Kuningan berikan sambutan Pelatihan Digital Teknologi (Foto : ikp/diskominfo)

Bupati Kuningan dalam sambutannya mengatakan bahwa menuju era industri digitalisasi sangat penting, Industri 4.0 menuntut pelaku usaha melek digital. “Hampir semua lini memakai digital, mampu mengurangi cost, efisien, kualitas produk terjamin dan harga lebih kompetitif” Ucap Bupati Acep.

Sedangkan menurut Kadis Diskopdagperin Kab. Kuningan, Ir. H. Bunbun Budhiyasa berharap dari diklat singkat ini pelaku usaha umkm dan pengurus koperasi dapat stimultan dan spirit baru untuk menghidupkan usahanya pasca pandemi Covid-19.

Talkah Badrus, Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan SDM, Kemenkop dan UKM RI juga mengapresiasi kegiatan ini. Pelatihan kali ini merupakan awal diselenggarakan secara kontak langsung sejak pandemi Covid 19, biasanya sering diadakan via daring online.

“ Kegiatan ini merupakan wujud sumbangsih Pemerintah pusat, untuk bekal dan skill kepada para pelaku KUKM agar mampu tingkatkan kompetensi dan skill. Terlebih dampak pandemi Covid 19 yang menghantam dunia usaha “ Ungkap Talkah Badrus

Talkah menambahkan, menangkal wabah pandemi untuk sektor usaha, Kemenkop dan UKM RI memiliki program berbasis e-Learning dengan situs www.edukukm.id yakni pelatihan online berbagai materi dan modul. Modul ini berisi berbagai macam pelatihan bidang, dengan para mentor dan tutor yang profesional dalam bidangnya.

Peserta Pelatihan menerapkan Standar Protokol Kesehatan selama berlangsung acara (Foto: IKP)

Tujuan dan Manfaat e-learning antara lain memberikan solusi sekaligus menjadi pelatihan yang praktis dan menyenangkan bagi para peserta KUKM, menuntun para pelaku KUKM untuk dapat mengambil keputusan yang jitu, memberikan kemudahan akses terhadap sumber materi dan Update kinerja para pendukung KUKM lebih mudah dan terukur

Terdapat 4 Kelas dalam e-learning yakni  Kelas Mandiri, Kelas Online, Program Kakak dan Adik Asuh.  Sedangkan materi tersedia bermacam modul yaitu Teknik negoisasi dengan anggota peminjam bermasalah di tengah pandemi covid, Diklat pengawasan terhadap kebijakan restorasi perencanaan strategis dan operasional KSP/USP, Diklat Manajemen Krisis KSP/USP Koperasi, Mengenal Pengadaan Barang Jasa Pemerintah, Pelatihan Vocational Olahan Makanan.

Selai itu ada juga Vocational di Daerah Wisata, Diklat mengelola Modal Sendiri, Diklat Menjadi Eksportir Berbasis SKKNI, Diklat menjaga Likuiditas KSP/USP Koperasi, Pemasaran Online Melalui Marketplace, Menciptakan Branding dan Pengelolaan Promosi melalui Medsos, dan Bisnis Online, mengenal kelebihan dan menggali Potensi Pasar Online

Mengutip dari laman www.edukukm.id program E-learning akan terus di kembangkan isinya, dapat di akses oleh setiap orang, dimanapun secara Online. Dan terus berkolaborasi dengan berbagai pihak, dan melakukan riset untuk dapat menyajikan materi materi yang menarik serta terkini yang bermanfaat untuk masyarakat. ( AS)

Editor : LIe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *