BeritaDaerah

Kursi Panas Direktur PDAU Kuningan Dibuka, Anda berminat ? Ikuti Syarat Ini

Kuningan, Jarrakposjabar.com. – Setelah berbulan bulan tanpa nakhoda ditinggal pergi pendahulunya, Kursi Direktur PDAU Kuningan kembali dibuka. Pengumuman lowongan Direktur Perusahaan Umum Daerah Aneka Usaha (PDAU)  Kuningan Periode 2020-2025 mulai masuk tahapan seleksi. Sesuai Perda No 11 Tahun 2019, tentang PDAU, Pemerintah Kabupaten Kuningan membuka peluang kepada masyarakat Kuningan untuk mengisi lowongan yang kosong ini.

Awak media Jarrakposjabar.com mencoba konfirmasi  langsung via selluler Ketua Tim Seleksi, H. Raji. Se. M.Kes, namun belum bisa dihubungi hingga berita naik (Selasa 2/07/2020). Terhitung Rabu, 1 Juli 2020, Pengumuman Seleksi Calon Direksi Perumda Aneka Usaha Kabupaten Kuningan Periode 2020-2025 dibuka. Tahapan seleksi dimulai dengan Pengumuman, Seleksi Berkas Administrasi, Uji Kepatutan dan Kelayakan (UKK) berupa wawancara calon direksi oleh panelis, hingga keputusan akhir ada di tangan Bupati selaku Kuasa Pemilik Modal (KPM).

Syarat menjadi Direktur PDAU Kuningan diatur  dalam Pasal 37 ayat (2) Perda No 11 Tahun 2019  yaitu persyaratan umum, persyaratan integritas, dan pesyaratan pendukung/penunjang. Sedangkan tugas Direktur menjalankan segala tindakan yang berkaitan dengan Pengurusan Perumda (menyusun, merencanakan, melaksanakan, mengkordinasikan serta mengawasi) untuk kepentingan perumda. Direktur berfungsi sebagai Pelaksana manajemen perumda berdasarkan kebijakan umum yang telah ditetapkan; dan menetapkan kebijakan untuk melaksanakan pengurusan dan pengelolaan perumda berdasarkan kebijakan umum yang telah ditetapkan.

Jadwal pengumuman dibuka kemarin (1/07/2020), kemudian penerimaan berkas tanggal 02-13 Juli 2020, selanjutnya akan diberitahu Tim Seleksi menyusul. Berikut Syarat Direktur yang diminta :

Peryaratan Umum

  1. Warga Negara Indonesia;
  2. Untuk diangkat sebagai Direktur, harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
  3. Sehat jasmani dan rohani, meliputi;
  4. Memiliki keahlian, integritas, kepemimpinan, pengalaman, jujur, perilaku yang baik, dan dedikasi yang tinggi untuk memajukan dan mengembangkan perumda, yang dibuktikan dengan Surat Pernyataan/Komitmen mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku dan Surat Pernyataan/Komitmen untuk memajukan dan mengembangkan Perumda Aneka Usaha;
  5. Memahami penyelenggaraan pemerintahan Daerah;
  6. Memahami manajemen perumda;
  7. Memiliki pengetahuan yang memadai di bidang usaha perumda;
  8. Berijazah S-1 (Strata Satu);
  9. Pengalaman kerja minimal 5 (lima) tahun di bidang manajerial perusahaan berbadan hukum dan pernah memimpin tim;
  10. Berusia paling rendah 35 (tiga puluh lima) tahun dan paling tinggi 55 (lima puluh lima) tahun pada saat mendaftar pertama kali;
  11. Tidak pernah menjadi anggota Direksi dan Dewan Pengawas yang dinyatakan bersalah menyebabkan badan usaha yang dipimpin dinyatakan pailit;
  12. Tidak pernah dihukum karena melakukan tindak pidana yang merugikan keuangan negara atau keuangan daerah;
  13. Tidak sedang menjalani sanksi pidana; dan
  14. Tidak sedang menjadi pengurus partai politik, calon Bupati atau calon wakil Bupati, dan/atau calon anggota legislatif.

Persyaratan Integritas :

  • Memiliki akhlak dan moral yang baik;
  • Memiliki komitmen untuk mematuhi ketentuan peraturan perundangundangan; dan
  • Memiliki komitmen yang tinggi terhadap pengembangan operasional Perumda yang sehat.

Persyaratan Pendukung/Penunjang :

  • Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
  • Setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia;
  • Mempunyai pengetahuan, kecakapan dan pengalaman pekerjaan yang cukup di bidang pengelolaan perusahaan;
  • Mempunyai pengalaman kerja sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun, yang dibuktikan dengan surat keterangan (referensi) dari instansi atau perusahaan sebelumnya dengan penilaian baik; Mampu membuat dan menyajikan proposal tentang Visi dan Misi Perumda Aneka Usaha Kuningan;
  • Tidak terikat hubungan keluarga dengan Bupati atau dengan Dewan Pengawas atau dengan Anggota Direksi lainnya sampai dengan derajat ketiga baik menurut garis lurus maupun ke samping termasuk menantu dan saudara ipar.

(AS)

Editor : LIe

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close